logo rilis
Hari Kesehatan Sedunia, Ini Rutinitas Akhir Pekan yang Menyehatkan
Kontributor
Ning Triasih
07 April 2018, 13:18 WIB
Hari Kesehatan Sedunia, Ini Rutinitas Akhir Pekan yang Menyehatkan
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Apa yang Anda lakukan dalam menghabiskan waktu libur akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Kesehatan Sedunia hari ini, Sabtu (7/4/2018)? Apakah jalan-jalan, nonton bioskop atau diam di rumah?

Apa pun kegiatan Anda di akhir pekan, pastikan tetap menjaga kesehatan, mulai dari menjaga pola makan dan sempatkan berolahraga. 

Seperti informasi yang dibagikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hari ini, Sabtu (7/4/2018) melalui akun Twitternya @KemenkesRI, ada beberapa tips rutinitas akhir pekan yang bisa membuat badan tetap fit. Kira-kira apa saja ya?

1. Tidur secukupnya

Mentang-mentang hari libur, janganlah Anda begadang semalaman, atau sebaliknya, terlalu banyak tidur. Bukannya sehat, badan malah bisa lemas di akhir pekan. Anda tak mau kan, waktu libur dihabiskan hanya di tempat tidur?

2. Minum air putih

Saat liburan, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air putih secukupnya, paling tidak delapan gelas per hari.

3. Olahraga

Hari libur, tubuh tetap harus digerakkan. Jangan malas-malasan! Pastikan Anda melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit. Tak perlu yang berat-berat, Anda bisa jalan-jalan santai keliling kompleks, bersepeda atau bersih-bersih rumah juga boleh.

4. Mandi

Nah, ini yang biasanya dilakukan kebanyakan orang. Libur kerja, libur mandi juga. Anda tetap harus mandi, berguna untuk membersihkan kotoran, kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh Anda. Jangan malas mandi ya!

5. Makan bergizi

Penuhi asupan makanan Anda dengan mengonsumsi buah, sayur dan ikan.

Nah, selain tips di atas, tambahan dari Kemenkes untuk rutinitas akhir pekan adalah membaca guna menambah wawasan, berinteraksi dengan teman di dunia maya, serta dengarkan musik yang dapat menambah rileks di libur akhir pekan Anda.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)