Home » Peristiwa » Dunia

Hari Ini, Trump Akan Umumkan Pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem

print this page Rabu, 6/12/2017 | 08:04

Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu berjabat tangan. Trump diagendakan akan menyampaikan secara resmi rencana pemindahan kedubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem, hari ini, Rabu (6/12/2017). FOTO: Photopin.com

 

RILIS.ID, Washington— Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah mengutarakan rencana memindahkan kedubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem kepada pemimpin-pemimpin Arab, pada Selasa (5/12) kemarin.

Juru bicara presiden Palestina, Nabil Abu Rudeina menyampaikan, Trump telah berbicara dengan Mahmoud Abbas perihal kebijakan AS yang dinilai akan semakin mengoyak perdamaian di Palestina itu.

"Presiden Abbas telah menerima telepon dari Presiden Trump memberitahukan mengenai rencana pemindahan kedubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem," ungkap Nabil.

Presiden Abbas, katanya, juga mengingatkan akan konsekuensi berbahaya dari keputusan yang akan mengancam proses perdamaian (antara kedua negara).

Dalam komunikasi itu, Abbas juga mengatakan kepada Trump, kebijakan mengenai Jerusalem tidak hanya akan merusak stabilitas dan mengancam keamanan di kawasan, namun juga dapat berdampak pada dunia.

Partai yang dipimpin Abbas, Fatah, telah memberi sinyal perlawanan terhadap rencana AS tersebut.

Dilansir dari media Timur Tengah, Middle East Monitor, Fatah melihat langkah yang akan ditempuh AS ini sebagai dukungan terhadap Israel untuk mengusir dan meniadakan bangsa Arab dari wilayah yang dimaknai rakyat Palestina sebagai Kota Suci.

"Serangan ini merupakan upaya tersistematis Israel untuk meyahudisasi kota Jerusalem, sehingga tidak tersisa bangsa Arab dan Islam di kota itu," tulis Fatah dalam pernyataan sikapnya.b

Sebelum berita ini tersiar, Trump dikabarkan telah menghubungi presiden Mesir Abdel Fatah el-Sisi, pemimpin Arab Saudi Raja Salman, dan pemimpin Yordania Raja Abdullah.

Pemimpin-pemimpin Arab itu merespons senada dengan mengingatkan Trump mengenai potensi ancaman yang akan timbul dari kebijakan AS di Jerusalem itu.

Dikutip dari CNN, Trump telah terlebih dahulu berkomunikasi dengan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu. Israel diketahui telah sejak lama melobi AS agar mau memindahkan kedubesnya ke Jerusalem.

Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders menyampaikan, Trump diagendakan akan berbicara kepada publik pada hari ini, Rabu, 6 Desember. Ketika ditanya apakah kebijakan di Jerusalem itu telah final, Sarah menjawab:

"Dapat saya katakan presiden cukup percaya diri mengenai hal ini (rencana di Jerusalem)," tutur Sarah.

Bilamana kebijakan ini resmi diumumkan hari ini, kedubes AS tidak akan langsung berpindah kantor ke Jerusalem. Trump dikabarkan akan menunda kepindahan itu hingga enam bulan untuk mengurus administrasi di tanah yang telah menjadi konflik sejak seabad silam.

Penulis Syahrain F

Tags:

Kedubes ASJerusalemPalestina-IsraelAmerika SerikatDonald TrumpArab