Home » Ragam

Hari Diabetes Sedunia: Kontrol Makan, Jaga Berat Badan!

print this page Selasa, 14/11/2017 | 10:10

ILUSTRASI: Foodmatters.

RILIS.ID, Jakarta— Hari ini adalah peringatan Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day), Selasa (14/11/2017). Hari yang bertujuan menyadarkan masyarakat di seluruh dunia agar lebih peduli terhadap ancaman kesehatan yang disebabkan oleh diabetes.

Di Hari Diabetes Sedunia ini, banyak orang berbondong-bondong mengampanyekan tentang pentingnya menjaga kesehatan agar terbebas dari penyakit kronis diabetes. Tak terkecuali Andleeb Abbas, seorang politisi Pakistan yang juga berprofesi sebagai konsultan, pelatih sekaligus penulis dan analis internasional terkemuka.

Seperti dilansir rilis.id dari akun Twitter pribadinya @AndleebAbbas, Selasa (14/11/2017), wanita yang baru-baru ini menjabat sebagai Sekretaris Informasi di Pakistan itu mengajak semua orang untuk mengendalikan diabetes.

"Pada Hari Diabetes Sedunia kita harus bertekat menyebarkan kesadaran tentang bagaimana 'mengendalikan tombol diabetes' yang ada di tangan kita," kata Abbas.

Selain itu, Abbas juga memberikan lima tips bagaimana mencegah atau menangkal diabetes, di antaranya sebagai berikut:

Kontrol porsi makan

Menjaga berat badan tetap ideal sangatlah penting dalam mencegah diabetes dan perkembangan diabetes tipe 2. Karena itu, kontrol porsi makan adalah investasi nomor satu yang wajib dilakukan untuk mengendalikan berat badan.

Kurangi karbohidrat olahan 

Sebisa mungkin kurangi karbohidrat olahan seperti roti atau donat. Sebaliknya, konsumsi karbohidrat kompeks, misalnya kacang-kacangan atau beras merah. Pasalnya, karbohidrat kompleks atau sehat akan menghasilkan insulin jauh lebih sedikit dan membantu menghentikan penambahan berat badan.

Gunakan minyak zaitun

Lemak jenuh, seperti mentega bisa memicu peradangan dan menyebabkan resistensi insulin. Karena itu, gantilah dengan minyak zaitun yang memiliki khasiat anti-inflamasi.

Perbanyak buah dan sayuran

Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa enam porsi buah dan sayuran dalam sehari, memiliki risiko 21 persen lebih rendahdari penyakit diabetes. Untuk itu, perbanyak sayuran dala santapan sehari-hari. Cara mengolahnya lebih baik direbus sebentar atau ditumis untuk mempertahankan nutrisi.

Olahraga teratur

Selain menjaga pola makan, kurang lengkap jika tak diimbangi dengan olahraga. Olahraga teratur sangat membantu mengendalikan kolesterol, gula darah dan mengatur produksi insulin. Jadi, bergeraklah!

Penulis Ning Triasih

Tags:

hari diabeteshari diabetes seduniadiabetesandleeb abbastips kesehatan

loading...