logo rilis
Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Ekonomi Kreatif
Kontributor
Nailin In Saroh
23 Juni 2019, 12:00 WIB
Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Ekonomi Kreatif
Hetifah Syaifudian

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyayangkan kenaikan tarif tiket pesawat mempengaruhi penurunan ekonomi pada sejumlah sektor selain pariwisata. 

Mahalnya harga tiket penerbangan, ternyata memicu kelesuan terhadap ekonomi kreatif (ekraf) di berbagai daerah. Padahal, kata dia, ekraf merupakan salah satu penunjang untuk menghidupkan perekonomian daerah.

"Selain berpengaruh kepada sektor pariwisata, kenaikan tiket pesawat juga berpengaruh kepada ekraf di daerah. Sebab, mereka harus mengirimkan produk-produknya ke luar daerah dengan biaya pengiriman yang cukup tinggi," ujar Hetifah di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Untuk itu, Hetifah berharap ada kebijakan afirmatif dari pemerintah maupun pihak maskapai, agar tingginya tarif tiket pesawat ini tidak berpengaruh signifikan pada sektor ekonomi kreatif. Hal ini sekaligus menjadi solusi konkret bagi permasalahan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

"Pemerintah perlu memikirkan hal ini, karena sudah menjadi keluhan pelaku ekraf hampir di seluruh daerah, khususnya mereka yang berada di luar pulau Jawa," tegas Hetifah.

BPS mencatat kenaikan harga tiket pesawat sejak awal tahun lalu merupakan fenomena yang tidak biasa. Kenaikan tersebut bahkan telah menyumbang inflasi sebesar 9 persen.

Kepala BPS Suhariyanto dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI terkait Asumsi Makro RAPBN 2020 mengungkapkan, selain penurunan jumlah penumpang pesawat hingga 28,5 persen pada April 2019 jika dibandingkan 2018, kenaikan tarif tiket pesawat juga berpengaruh signifikan terhadap tingkat okupansi hotel.

"Okupansi hotel turun signifikan dari 57,4 ke 53,9. Jadi dampaknya agak signifikan. Saya percaya pemerintah akan mencari jalan terbaik untuk mengatasi itu," kata dia.

Suhariyanto menjelaskan, andil kenaikan harga tiket pesawat terhadap inflasi selama periode Ramadhan dan Lebaran 2019 cukup tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID