logo rilis

Harga Dipasaran Anjlok, Ini Permintaan Petambak Garam
Kontributor

26 Maret 2018, 23:43 WIB
Harga Dipasaran Anjlok, Ini Permintaan Petambak Garam
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Perwakilan Aliansi Masyarakat Petambak Garam Kabupaten Sumenep Jawa Timur (Jatim) Ubet mengatakan, sejak masuknya garam impor untuk industri ke Tanah Air, harga garam rumahan di pasaran justru mengalami penurunan drastis.

Sebelumnya, harga garam garam kualitas pertama adalah Rp2.500 per kilogram, sedangkan untuk garam kualitas dua Rp2.200 per kilogram, dan untuk garam kualitas ketiga yakni Rp2.000 per kilogram.

Namun, setelah masuknya garam impor industri, praktis harga garam rumah tangga di pasaran menurun menjadi Rp2.100 per kilogram untuk garam kualitas satu, Rp1.800 per kilogram untuk garam kualitas kedua, dan Rp1.400 per kilogram untuk garam kualitas ketiga.

“Kondisi tersebut sangat menyengsarakan kami, Padahal ini merupakan penghasilan utama kami yang kami gunakan untuk membiayai pendidikan anak-anak dan keluarga kami," ungkap Ubet sebagaimana dilansir dari laman resmi DPR, Senin (26/3/2018).

Atas dasar itu, Aliansi Masyarakat Petambak Garam tersebut meminta Anggota DPR, khusunya pada Komisi IV untuk segera menindaklanjuti laporan tersebut. Sekaligus, mendoronng pemerintah untuk menstabilkan harga garam rumah tangga di pasaran.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)