logo rilis

Hanya Ini yang Bisa Bikin Demokrat Berjaya di 2019
Kontributor
Budi Prasetyo
06 April 2018, 08:19 WIB
Hanya Ini yang Bisa Bikin Demokrat Berjaya di 2019
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhyono (SBY). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, su— Pengamat politik dari Surabaya Survei Centre Mochtar W Oetomo menilai, suara Partai Demokrat bisa meningkat di Jawa Timur. Menurutnya, jika Demokrat mengusung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden ideal di Pemilu 2019.

"Pertama, bergantung pada dinamika peta koalisi nasional. Jika koalisi Demokrat nanti mampu mengusung capres atau cawapres yang ideal tentu akan membawa dampak elektoral positif termasuk di Jatim," katanya ketika dikonfirmasi, Jumat (6/4/2018).

Selain mengusung Capres dan Cawapres Ideal, kata dia, kemenangan Demokrat juga ditentukan oleh Pilkada serentak 2018. "Kedua, kemenangan atau kekalahan di pilgub Jatim dan 18 kabupaten/kota juga akan membawa dampak apakah elektabilitas Demokrat akan naik atau tidak," tambahnya. 

Menurutnya, kemenangan di Pileg 2019 juga ditentukan mobilisasi mesin partai yang maksimal. Salah satunya adalah blusukan Susilo Bambang Yudhyono di Jatim, bisa mendorong kader di bawah lebih giat memenangkan partai. 

"Ketiga, koordinasi, konsolidasi dan mobilisasi mesin partai yang maksimal juga memegang peranan penting. Blusukan SBY ke Jatim saya rasa adalah dalam memperkuat konsolidasi mesin partai untuk memenangkan pilgub dan pilkada 18 kabupaten/kota yang ada gilirannya akan menaikkan elektabilitas Demokrat di Pileg 2019," pungkasnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)