logo rilis
Handy Hartono Akan Usung 'Candi Jiwa' dalam Karawang Fashion Culture
Kontributor
Ning Triasih
25 April 2018, 23:57 WIB
Handy Hartono Akan Usung 'Candi Jiwa' dalam Karawang Fashion Culture
Handy Hartono. FOTO: Instagram/@handy.hartono

RILIS.ID, Jakarta— Dalam gelaran "Karawang Fashion Culture" di Karawang, Jawa Barat (Jabar) pada 3-6 Mei 2018 mendatang, perancang busana Indonesia Handy Hartono bakal mengusung motif Candi Jiwa. Motif candi jiwa menjadi ikon Karawang yang kaya nilai seni dan budaya.

"Candi Jiwa itu salah satu ikon wisata di Karawang. Sehingga diangkat dalam ajang fashion nanti," kata Handy, saat dihubungi di Karawang, Rabu (25/4/2018) seperti dikutip dari ANTARA.

Selain mengangkat motif Candi Jiwa, ia juga akan membawa nilai seni Karawang dengan motif batik padi, sebagai simbol Karawang daerah lumbung padi. Serta, akan ditampilkan pula rancangan busana dengan motif gendang, sebagai simbol kesenian Tari Jaipong khas Karawang.

"Motif-motif bernilai seni dan budaya khas Karawang ini diangkat untuk menunjukkan nilai seni dan budaya Karawang," kata fashion desainer atau perancang busana asli Karawang ini.

Handy yang telah melanglang buana sampai ke tingkat internasional ini berani menggelar "Karawang Fashion Culture 2018" karena merasa tertantang oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Tantangan tersebut ialah mengembangkan daerah Karawang.

"Ibu bupati banyak memberikan masukan mengenai fashion dan batik Karawang. itulah yang membuat saya semangat dan pulang kampung ke Karawang untuk membangun fashion Karawang," katanya.

Atas dasar keinginan memajukan daerah tanah kelahiran, Handy mencoba menggaet para mitra bisnis UKM setempat, untuk bersama-sama memasarkan produk-produk setempat.

"Saya juga mengandeng para desainer lokal Karawang untuk bersama-sama mengikuti ajang 'Karawang Fashion Culture 2018'," kata dia.

Puluhan desainer atau perancang dari berbagai daerah, termasuk dari Jakarta, akan terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Kami ingin mengolaborasi desainer pemula dengan desainer yang sudah mempunyai jam terbang 'fashion show' cukup tinggi. Dengan begitu, para desainer pemula tentunya akan mendapatkan ilmu melalui kegiatan itu," kata dia.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat menambah kepercayaan diri para fashion desainer lokal Karawang serta dapat memajukan industri kreatif di Karawang.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)