logo rilis
Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Pensiun Merokok
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
22 April 2018, 07:15 WIB
Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Pensiun Merokok
Ilustrasi Tanpa Rokok FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Kebiasaan merokok memang sulit dihentikan. Kandungan nikotin dalam gulungan tembakau itu dinilai sebagai salah satu penyebab candu. Namun, ada juga yang bilang merokok ini hanya soal masalah oral habit.

Hanya saja, bicara soal alasan sulitnya berhenti merokok selalu jadi topik klasik. Masalahnya, apakah Anda sebagai perokok niat serius untuk berhenti? Melansir hellosehat.com, sedikitnya ada delapan cara yang harus dicoba. Apa saja itu? Yuk, simak baik-baik.

Menyeruput air dingin melalui sedotan

Ini adalah alternatif mengganti keinginan mengisap batang rokok. Selain itu, menghirup air dingin melalui sedotan juga akan melepaskan dopamin.

Rutin sikat gigi

Kalau ini terkait sugesti saja. Kalau sudah sikat gigi, pasti malas untuk mengotori mulut dengan asap rokok. Jadi, pelan-pelan keinginan merokok berkurang.

Hindari alkohol

Berdasarkan sebuah studi, terdapat kaitan yang erat antara konsumsi alkohol dengan merokok. Kalau mau berhenti meroko, ya setop dulu minum alkoholnya.

Ganti rokok dengan permen

Anda bisa mengganti rokok yang biasa Anda letakkan di mulut Anda dengan permen karet bebas gula, atau makanan ringan yang sehat.

Olahraga, walau cuma jalan kaki

Rokok itu identik dengan stres. Seorang yang aktif berolahraga umumnya terhindar dari beban pikiran yang membuat stres. Yuk, mulai berolahraga.

Catat hal baik ketika berhenti merokok

Cobalah mencatat hal-hal positif yang Anda dapatkan dalam beberapa hari berhenti merokok, misal menghemat uang, badan terasa lebih energik, dan sebagainya.

Kuatkan diri

Waktu terberat dalam proses berhenti merokok adalah pada dua pekan pertama. Setelah itu barulah terasa, Anda akan mulai terbiasa tanpa rokok.

Ingat lagi alasan berhenti merokok

Dan terakhir, jika pada akhirnya Anda mulai menyerah dengan segala upaya yang telah Anda lakukan untuk berhenti merokok. Misal, anak, keluarga atau kesehatan Anda.


500
komentar (0)