Home » Peristiwa » Daerah

H-1 Pelantikan Gubernur DKI, Pasar Bunga Ini Banjir Order

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

Pasar kembang di Cikini, Jakarta Pusat masih terlihat landai. Mereka biasanya kebanjiran pesanan H-1 dari jadwal Pelantikan Gubernur DKI Jakarta. FOTO: RILIS.ID/Tio Pirnando

RILIS.ID, Jakarta— Kegiatan di pusat pengrajin karangan bunga di Pasar Kembang, Cikini, dan  Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, samping Stasiun Duren Kalibata, masih landai. Para pengrajin di dua tempat itu belum menerima orderan terkait pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (16/10/2017) mendatang. 

Olis, salah seorang penjual di Pasar Bunga Cikini mengatakan pihaknya belum mendapat pesanan pembuatan karangan bunga untuk pemimpin baru Jakarta dalam lima tahun ke depan. 

"Belum ada tanda-tanda untuk pemesan pelantikan Gubernur. Biasanya kalau ada, mereka sudah tulis didaftar buku, terus buat nama-nama dan rangkaian katanya, tapi sampai sekarang belum ada," ujar Olis, salah satu penjual di Pasar Bunga Cikini kepada rilis.id, Jakarta, Jum'at (13/10/2017).

Olis menambahkan, biasanya kalau pesanan sudah selesai digarap, karangan bunga pasti dipajang berjejer di depan sebelum diantar berbarengan. 

Biasanya, lanjut Olis pesanan karangan bunga dengan beragam harga itu mulai berdatangan sehari jelang hari H pelantikan. Soal harga, karangan bunga ukuran besar 1,2 meter dijual seharga Rp500.000, sedangkan untuk ukuran 1,5 meter seharga Rp750 000. Dengan lama pengerjaan selesai dalam waktu satu hari. 

"Untuk pemesan karangan bunga, biasanya bisa dilakukan sehari sebelum acara. Sedangkan harga disesuaikan dengan ukuran," ujarnya. 

Toko di Pasar kembang Cikini, sudah menjadi langganan pejabat, jika musim pelantikan. Saat Ahok-Djarot kalah dalam Pilkada, ucapan terimakasih atas pengabdiannya dalam bentuk karangan bunga dipesan di Pasar yang terletak di Stasiun Kereta Api, Cikini tersebut.

Begitu juga saat Anies-Sandi menang pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa bulan lalu.

"Waktu Ahok kalah dulu, di sini pernah dipesan seribuan karangan bunga, jadi kami kerjanya siang malam, coba lihat ke belakang, kan banyak toko-tokonya," pungkasnya.

Sementara Ali Maksum, pemilik Kios Bunga Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, samping Stasiun Duren Kalibata, mengaku belum ada pesanan. Ia mengatakan jarang mendapat orderan pengerjaan karangan bunga karena terkendala jarak yang cukup jauh. 

"Biasanya bang, untuk balaikota itu di pesannya banyak di Rawa Belong dan Pasar Kembang Cikini, kalau disini jarang," tandasnya.

Penulis Tio Pirnando
Editor Syahrul Munir

Tags:

Pasar Kembang CikiniKarangan BungaPelantikan Anies-Sandi