logo rilis
'Guru' Spiritual di India Divonis Seumur Hidup atas Kasus Pemerkosaan
Kontributor
Syahrain F.
25 April 2018, 20:03 WIB
'Guru' Spiritual di India Divonis Seumur Hidup atas Kasus Pemerkosaan
Asaram Bapu. Credit: Hindinews18

RILIS.ID, New Delhi — Seorang pemuka spiritual India, seorang 'guru', didakwa penjara seumur hidup atas tindakan memperkosa dua gadis yang menjadi pengikut setianya.

Pembacaan putusan pengadilan dilakukan di tengah kekhawatiran reaksi keras dari para pengikut pria berusia 77 tahun itu. Pembacaan terpaksa dilakukan di dalam bilik penjara, di negara bagian Rajasthan, hari ini (25/4/2018).

Melansir Al Jazeera, pengamanan di sekitar penjara diperketat. Pasalnya, Rajasthan merupakan salah satu wilayah di mana pengikut guru spiritual bernama Asaram Bapu itu tersebar luas.

Kasus pemerkosaan yang melibatkan tokoh agama bukan pertama kalinya terjadi di India. 

Pada akhir Agustus lalu, seorang guru spiritual bernama Dr Saint Gurmeet Singh Ram Rahim Insan, divonis pengadilan 20 tahun penjara atas tindakan tercela memperkosa dua pengikutnya.

Terakhir, kasus pemerkosaan berujung pembunuhan gadis Muslimah berumur delapan tahun di Kashmir semakin menempatkan otoritas keamanan India dalam tekanan publik teramat deras. 

Hakim yang memutus kasus pemerkosaan Bapu, Madhusudhan Sharma, juga menghukum dua orang lainnya dengan penjara 20 tahun karena membantu tokoh spiritual dengan jutaan pengikut itu melampiaskan syahwat haramnya.

Melalui juru bicaranya, Bapu menolak putusan itu dana menyatakan akan mengajukan banding.

Pada 2013, kepolisian India menerima laporan dari seorang gadis bahwa Bapu telah memerkosa dirinya. Gadis yang ketika itu masih berusia 16 tahun tersebut mengaku tengah mengunjungi tempat pertapaan Bapu bersama ibunya.

Keluarga sang gadis berkata, mereka telah menjadi pengikut setia Bapu selama lebih dari satu dekade. Namun apa daya, loyalitas itu berbalas tindak pemerkosaan yang telah merubah hidup gadis tersebut untuk selamanya.

Bapu telah berada dalam tahanan sejak gadis itu melaporkannya ke polisi. 

Bapu memliki lebih dari 230 pertapaan berikut sekolah asrama dengan jutaan pengikut yang telah tersebar di sepanjang India, Amerika Serikat, Britania, Kanada, Uganda, dan Kenya.

Selain itu, Bapu, bersama anaknya yang bernama Narayan Sai, juga dituduh oleh kedua saudari perempuannya dalam kasus berbeda atas tindakan kekerasan seksual.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)