Home » Peristiwa » Nasional

Golkar Nilai Menteri Susi Gagal

print this page Jumat, 12/1/2018 | 20:34

Susi Pudjiastuti. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai Golkar Ichsan Firdaus menilai, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti telah gagal meningkatkan produksi perikanan dan kesejahteraan nelayan. Karena itu, ia menyerahkan nasib Menteri Susi kepada Presiden Joko Widodo.

"Bu Susi mengalami kegagalan untuk tingkatkan produksi perikanan dan kesejahteraan nelayan. Kalau kemudian Presiden menganggap bahwa Bu Susi gagal, itu hak Presiden," kata Ichsan Firdaus di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Menurut Ichsan, Menteri Susi lebih banyak bicara ketimbang membuktikan keberhasilan kementeriannya.

Misalnya, sambung Ichsan, Susi menyatakan akan meningkatkan investasi untuk pabrik pengolahan ikan dan mau menarik investor dari luar negeri.

"Sekarang investor luar mau masuk ke Indonesia, melihat seperti itu, tidak berminat," paparnya.

Padahal, jelas Ichsan, Presiden Jokowi sudah mengingatkan Menteri Susi untuk segera meningkatkan produksi, dan investasi di sektor perikanan dan kelautan.

"Misalnya saja produksi ikan tuna kita kalah dengan Papua Nugini, sedangkan laut kita lebih luas dari Papua Nugini. Ini ada apa? Maka Bu Susi berkonsentrasilah untuk urusan itu, jangan hanya menenggelamkan kapal, jangan untuk pencitraan lagi. Cukuplah pencitraan itu," tandas Ichsan.

Ichsan pun mengimbau agar Menteri Susi terbuka ke publik menyampaikan ketidakmampuannya memimpin KKP.

"Kalau Bu Susi memang tidak mampu, ya, Bu Susi juga harus menyampaikan kepada publik bahwa hanya bisa bicara saja. Soal reshuffle kan kewenangan Presiden. Biarkan presiden menilai. Kita ini stakeholder di bidang perikanan juga mengeluhkan hal yang sama dengan iklim usaha itu," pungkasnya.

Penulis Zul Sikumbang
Editor Eroby JF

Tags:

Susi PudjiastutiIchsan FirdausPartai GolkarReshufle