logo rilis

Gerindra Siapkan Kejutan Politik untuk Kalahkan Jokowi
Kontributor
Nailin In Saroh
13 April 2018, 08:15 WIB
Gerindra Siapkan Kejutan Politik untuk Kalahkan Jokowi
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, kekalahan pada Pilpres 2014 lalu akan menjadi evaluasi partainya. Ketika  itu, Gerindra mengusung pasangan Prabowo-Hatta Rajasa harus legowo mengaku kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla.

Namun, Muzani menegaskan, partainya akan memastikan kekalahan di Pilpres 2014 tidak terulang lagi pada Pilpres 2019 mendatang.

"Kami punya pengalaman berhadapan dengan Jokowi di tahun 2014. Bagaimana Jokowi juga punya pengalaman berhadapan dengan Prabowo dan kami punya banyak catatan. Sehingga catatan itu yang akan kami buka kembali," ujar Muzani di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/4) kemarin.

Apalagi, menurutnya, hasil survei saat ini juga hampir mirip dengan Pilpres 2014. Sebab, posisi Jokowi masih unggul dari Prabowo. 

Kendati demikian, lanjut Muzani, tak boleh dilupakan pengalaman Pilkada DKI Jakarta 2017, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS berhasil menumbangkan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung oleh koalisi besar yang dimotori partai penguasa PDI Perjuangan.

Muzani meyakini, pengalaman ini bisa menjadi kunci penting dalam meraih hasil akhir Pilpres 2019 nanti. Selain itu, Gerindra juga sudah mempuyai kekuatan pada sistem sampai ke bawah.

"Kami terbukti punya cara memenangkan Anies-Sandi. Jadi cerita itu bisa berlanjut dalam ke Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. Kita siap mengucurkan keringat lebih banyak lagi," tegas Muzani.

Sementara untuk partai koalisi, kata dia, kini partainya masih terus melalukan komunikasi dengan partai-partai lain termasuk partai yang sudah menyatakan dukungannya pada petahana Jokowi. 

"Semua partai. Semua partai buat kami tidak ada handicap (rintangan), karena kami tidak punya beban untuk mengajak siapapun. Kami menganggap bahwa semua partai memiliki hasrat dan keinginan yang besar untuk memajukan bangsa. Karena itu kami mengajak semuanya," pungkas Muzani.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)