logo rilis
Gerindra Kritik Mendagri soal Satpol PP, Kenapa?
Kontributor
Zulyahmin
01 Februari 2019, 13:00 WIB
Gerindra Kritik Mendagri soal Satpol PP, Kenapa?
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta—  

Ketua DPP Partai Gerindra, Nizar Zahro, menyayangkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang meminta Satpol PP untuk turut menyosialisasikan keberhasilan pemerintahan Presiden Joko Widodo selama empat tahun terakhir kepada masyarakat.

Menurut dia, sosialisasi capaian pemerintah bisa dilakukan melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Kalau persoalannya adalah yang perlu disosialisasikan oleh pemerintah dalam hal ini Jokowi, kan ada Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jadi jangan tumpang tindih, apalagi bertujuan menarik peran Satpol PP dalam pilpres," katanya kepada rilis.id, baru-baru ini.

Juru Kampanye Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu kemudian menjelaskan status dan peran Satpol PP sesuai dengan ketentuan Pasal 256 ayat (7) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dalam undang-undang itu, ujarnya, dengan tegas dijelaskan bahwa peran Satpol PP adalah untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dalam menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman.

"Jadi aneh kalau ada arahan untuk membantu program pemerintah pusat," ujarnya.

Nizar menduga, arahan Mendagri Tjahjo itu ada kaitannya dengan pernyataan Jokowi yang meminta para Perwira TNI-Polri untuk ikut menyosialisasikan capaian pemerintah.

"Padahal selain punya Kominfo, capaian itu tidak harus disosialisasikan tetapi dirasakan. Jadi kalau rakyat masih belum merasakan, tidak perlu sosialisasi segala. Jadi mohon, jangan tarik Satpol PP pada kepentingan sesaat soal politik," tandasnya.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo meminta kepada Satpol PP untuk ikut mengamankan TPS di Pemilu 2019. Selain itu, dirinya juga meminta kepada Satpol PP untuk turut menyosialisasikan keberhasilan Presiden Jokowi memimpin pemerintahan selama ini. 

Hal itu disampaikan Tjahjo saat menghadiri Rakornas Satpol PP dan Satlinmas dalam Penyelenggaraan Trantibumlinmas untuk mendukung Pemilu 2019 di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Rabu (30/1/2019). 

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID