Home » Fokus

Gerindra DKI: Warga Rusunawa Harus Diberi Kesempatan

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

ILUSTRASI: Hafidz Faza

PEMERINTAH DKI Jakarta dikabarkan akan menindak tegas bagi penghuni rusunawa Tambora, Jakarta Barat, yang menunggak pembayaran sewa. Bagi penunggak yang telah diberi kesempatan untuk melunasi akan diberikan peringatan dalam waktu dekat untuk pengosongan Rusunawa.

Namun, tindakan tersebut tidak perlu kajian mendalam oleh pemerintah. Setidaknya pemerintah perlu meninjau kembali alasan penghuni yang terlambat melanaskan pembayaran cicilannya.

Politisi partai Gerindra Prabowo Soenirman tak menolak jika langkah pengusiran diambil pemerintah. Tetapi Prabowo hanya setuju pengusiran hanya diberlakukan pada penghuni yang nakal. Sedangkan bagi warga yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk melunasi perlu dikaji lebih komprehensif.

"Yang nakal saya setuju dikeluarkan dan yang tidak mampu diberi kesempatan dulu," ujarnya kepada rilis.id di Jakarta, Senin (21/8/2017).

Pemerintah, lanjut Prabowo, perlu memperkuat data terkait alasan warga Rusunawa. Jangan sampai warga karena keterbatasan ekonomi tidak dapat membayar cicilan menjadi korban dari langkah pemerintah.

Sesuai laporan terakhir yang dirilis pihak pengelola Rusunawa terlihat masih ada tunggakan dari 261 senilai Rp705,754,731. Total warga Rusunawa yang belum membayar per 21 Agustus 2017 masih sekitar Rp462,101,842 angka tersebut dari 65 unit yang belum membayar tunggakannya. 

"Pemda harus bijak dengan memilah milah warga yang tidak mampu dan yang memang nakal tidak mau membayar walaupun secara ekonomi mereka mampu," usul Prabowo.

Dia malah menyarankan agar Pemda DKI Jakarta juga memberikan pemberdayaan ekonomi terhadap warga Rusun. Langkah demikian lebih bijak dilakukan pemerintah dibanding harus mengusir bagi penghuni yang tidak bisa membayar cicilannya.

"Kalau perlu Pemda membantu untuk mereka membuka usaha dulu," pungkasnya.

Penulis Armidis Fahmi
Editor Danial Iskandar

Tags:

fokusrusunawa tamborajakartaprabowo soenirman

loading...