logo rilis

Gempa Situbondo, 25 Rumah Rusak di Kepulauan Sapudi
Kontributor
Budi Prasetyo
11 Oktober 2018, 10:31 WIB
Gempa Situbondo, 25 Rumah Rusak di Kepulauan Sapudi
Ilustrasi. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Surabaya— Kepuluaan Sapudi di kabupaten Sumenep adalah wilayah terkena dampak gempa di pesisir laut Situbondo pada Rabu (10/10/2018) malam tadi. Data dari Pemprov Jatim, tercatat ada 25 bangunan yang mengalami kerusakan.

"Kalau kerusakan yang paling parah ada di pulau Sapudi. 25 rumah rusak,” kata Gubernur Jatim Soekarwo di Mapolda Jawa Timur, Kamis (11/10/2018).

Dia mengatakan, setelah melakukan pendataan, pihaknya akan memberikan bantuan bagi masyarakat. Termasuk membangun kembali rumah warga yang rusak. Saat ini Pemprov Jatim bersama dengan Forpimda Jatim berangkat ke Sumenep, guna memastikan wilayah terdampak akibat gempa.

“Kami langsung memutuskan berangkat dengan Pak Kapolda Jatim dan Pak Pangdam V/Brawijaya ke lokasi bencana di Pulau Sapudi. Rumah rusak langsung dibangun pemprov hari ini juga dan langsung turun ke lapangan bekerja sama dengan Kodam V/Brawijaya," kata Pakde Karwo.

Menurut Pakde, bagi korban gempa yang sakit atau mengalami luka-luka langsung ditangani serius oleh dokter. "Yang meninggal langsung diberikan santunan awal Rp 5 juta. Saya juga langsung telepon Camat Gayam, Sumenep tentang kondisi di sana. Saya minta segera didata berapa rumah rusak, berapa yang luka dan meninggal dunia," jelasnya.

"Pada hari ini, tim lengkap langsung berangkat untuk melakukan rehabilitasi semua dan masyarakat korban jangan sampai menunggu lama, harus segera teratasi," pungkasnya.

Sebelumnya, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 SR mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.57 WIB.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)