logo rilis

Geliat Ekonomi di TTP Lebaksiu Tegal
Kontributor
Kurnia Syahdan
01 Mei 2018, 14:28 WIB
Geliat Ekonomi di TTP Lebaksiu Tegal
Aktivitas di TTP Lebaksiu Tegal. FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Sejak dilimpahkannya Taman Teknologi Pertanian (TTP) Lebaksiu oleh Kementerian Pertanian, kepada Pemerintah Kabupaten Tegal, geliat ekonomi dalam pengembangan agribisnis semakin terlihat dengan melibatkan UMKM dan home industry dari masyarakat sekitar.

Pengembangan agribisnis ini pun dengan model inti-plasma, utamanya pengembangan berbagai jenis produk olahan jagung yang menjadi salah satu komoditas utama di TTP Lebaksiu dan masyarakat Kabupaten Tegal pada umumnya.

Berawal dari Kelompok Wanita Tani Duren Sejati, dengan pendampingan dan pengawalan oleh BPTP Balitbangtan Jateng sekitar tiga tahun yang lalu, menjadi penggerak roda perekonomian TTP Lebaksiu sebagai bagian inti-plasma yang mengembangkan produk olahan lokal berbasis jagung. 

Berbagai produk olahan jagung seperti puding, muffin, susu, brownies, kripik, egg rolls dan ice cream telah dihasilkan, termasuk kombinasi produk seperti ice cream dan puding jagung buah naga. 

Semua jenis produk olahan jagung tersebut dapat dijumpai di pasar-pasar dan mini market di Kabupaten Tegal dan bahkan menjadi oleh-oleh wajib bagi pengunjung yang berwisata di sana.

Kehadiran Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, yang menyampaikan bahwa TTP Lebaksiu merupakan TTP Terbaik se-Indonesia sangat benar.

Karena, TPP Lebaksiu telah dikelola dengan manajemen organisasi yang baik, seperti telah dibentuknya kluster-kluster komoditas seperti pangan, hortikultura, peternakan, plasma nutfah, mekanisasi dan pascapanen, wahana pembelajaran agrobisnis dari hulu ke hilir.

Kemudian ada kegiatan ekonomi inti-plasma yang melibatkan UMKM dan home industry masyarakat sekitar.

Tidak heran, TTP Lebaksiu selalu ramai menjadi destinasi agroeduwisata bagi kalangan akademis dari berbagai level pendidikan serta wahana refreshing bagi masyarakat di Kabupaten Tegal, 

Kegiatan diskusi mahasiswa, praktik lapang siswa kejuruan, kegiatan pramuka, field trip anak-anak TK dan ekolah Dasar, masyarakat sekitar yang bersantai menikmati asrinya landscape pertamanan yang ada di TTP Lebaksiu. 

BPTP Balitbangtan Jateng pun, terus bersinergi dengan TTP Lebaksiu melalui integrasi kegiatan BPTP Balitbangtan Jateng dengan kegiatan utama TTP Lebaksiu untuk percepatan hilirisasi inovasi teknologi baru Balitbangtan melalui berbagai kegiatan seperti kaji terap inovasi teknologi, pengembangan kawasan peternakan, pengembangan kawasan perbenihan tanaman pangan dan peningkatan nilai tambah.

Kemudian, sinergi di daya saing produk olahan dengan sentuhan inovasi baru dan keamanan pangan, pengelolaan sumber daya genetik daerah, peningkatan kapasitas sumber daya penyuluh dan calon praktisi agrobisnis melalui berbagai jenis pelatihan dan bimbingan teknis, serta penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat. 

Sumber: R. Heru Praptana


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)