logo rilis

Gelar Bimtek Inovasi Kakao, BPTP Sumbar Sebar Undangan via Medsos
Kontributor
Elvi R
09 Mei 2018, 12:04 WIB
Gelar Bimtek Inovasi Kakao, BPTP Sumbar Sebar Undangan via Medsos
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Limapuluh Kota— Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang didirikan 2015 lalu di Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota, telah berfungsi sebagai Display Teknologi yang bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat di Sumatera Barat. 
Komoditas unggulan di TTP Guguak ini adalah kakao, bahkan sudah mempunyai pabrik mini yang mengolah kakao menjadi bubuk coklat, lemak coklat minuman coklat 3in1 dan permen coklat. 

Agar inovasi ini sampai ke masyarakat baik itu petani, organisasi masyarakat maupun penyuluh, BPTP Sumbar mengadakan Bimtek Inovasi Teknologi Perbenihan dan Budidaya Kakao. Untuk menjaring minat masyarakat, BPTP Sumbar memanfaatkan Media Sosial seperti Facebook dan WhatsApp dimana hal ini bisa menjaring semua lapisan masyarakat yang berminat.

"Saya sangat mengapresiasi hal ini. Tanpa undangan resmi, hanya melalui media sosial Bimtek ini bisa dilaksanakan dengan baik dan apresiasi masyarakat sangat tinggi. ?ni terlihat dari peserta yang datang dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat. Saya lihat disini ada Petani, Penyuluh dan Gempita" ungkap Dr. Jekvy Hendra saat membuka Bimtek di TTP Guguak, Selasa (8/5/2018). 

Menurut Kepala BPTP Sumbar yang baru saja di lantik dan tiba di Sumatera Barat ini, kakao saat ini merupakan komoditas unggulan di Sumatera Barat. Saat ini harga kakao mencapai Rp38 ribu per kilogram.

"Jadi kami di BPTP sangat berharap dengan adanya TTP ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat untuk belajar teknologi terutama mengenai kakao dan setelah Bimtek ini bisa menyebarkan informasi kepada teman-teman yang belum berkesempatan mengikuti Bimtek," tutup putra daerah Sumbar ini. 

Materi Bimtek diantaranya Kelembagaan dan Inkubasi Bisnis TTP Guguak yang disampaikan oleh Ir. Moehar Daniel dan Inovasi Teknologi Budidaya Kakao yang di sampaikan oleh Dr. Nursyirwan Hasan. Peneliti BPTP Sumbar yang biasa disapa pak Ujang ini menjelaskan varietas kakao unggulan yang dikembangkan TTP Guguak diantaranya TSH 858,ICS 60 dan BL50 singkatan dari Balubuih Limapuluh Kota.  

"BL50 ini hasil produksi tinggi dan termasuk cita rasa 50 kakao terbaik di dunia," jelasnya penuh semangat. 

Selain materi, peserta juga langsung praktek budidaya kakao, sambung pucuk, pemangkasan dan panen di kebun kakao TTP Sumbar. Peserta juga melihat langsung prosesing pengolahan kakao menjadi beberapa produk olahan di pabrik coklat mini TTP Guguak

"Kami sangat berminat untuk mengajak petani dan penyuluh magang budidaya kakao di TTP ini. Bagaimana caranya supaya kami bisa magang disini ?" ungkap Rusmanudin Zaican, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman yang ditanggapi positif oleh pelaksana Bimtek.

Sumber: Winda R/Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)