logo rilis

Gelang Persahabatan
Kontributor
RILIS.ID
03 Januari 2020, 12:07 WIB
Gelang Persahabatan

Sukarjito
Pewarta Media Nasional

Tiga hari di Kutai Timur. Satu Kabupaten di Kalimantan Timur. Sunyi, damai, dan tenteram hanya bisa diucapkan.  Meski terkepung dengan ekplorasi tambang emas hitam alias batu bara. Namun, kehidupan masyarakatnya tak seperti dibayangkan. Polemik kapital dengan rakyat masih terjadi.

Pun demikian pekerjaan rumah bagi sekian bakal calon pemimpin daerah Kutai Timur. 

2020 tahun politik. Di mana pesta demokrasi kepala daerah terjadi. Kutai Timur satu daerah yang turut andil. Baliho, spanduk bahkan blusukan dilakukan oleh bakal calon pemimpin daerah di Kutim.

Dalam tiga hari itu. Saya diberikan kesempatan bertemu dengan Ordiansyah. Satu dari sekian bakal calon. 

Saya terbesit dengan “Gelang Persahabatan”.  Hingga terbawa ke Jakarta. Gelang itu bentuknya biasa. Gelang karet bertuliskan “Ordiansyah Untuk Rakyat”. 

Diksi itu penuh sarat filosofis. Sebab, rakyat Kutim perlu pemimpin yang penuh mengabdi. 

Menyisakan pertanyaan besar: pemimpin Kutim saat ini tidak bersama rakyat kah?

Kalau benar, itu berarti rakyat Kutim mulai dewasa dalam berpolitik. Sesuai dengan harapannya.

Beberapa warga sudah melangkah. SIAP 2020 menjadi tabuhan awal. Blusukan hingga ke lorong kampung sudah dilakukan. Tak lupa Ordiansyah berada di depan. Meski dengan sepeda kayuh sederhana—bukan Brompton— dia setia mendengarkan keluh kesah rakyat Kutim. 

Harapannya bisa jadi perubahan di Kutai Timur. Jika dipimpin orang benar dan sederhana untuk rakyat. Ini ditunjukkan keseriusan Ordinasyah. Dalam melakukan perlawanan. Di tengah proses politik yang sedang berlangsung.

Inilah pengalaman paling seru di penutup tahun 2019: Ordiansyah. Diam-diam dirindukan Rakyat. Tiba-tiba muncul di tengah permasalahan rakyat.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID