logo rilis

Gawat! KPAI Sebut Kemendikbud Lakukan Malapraktik Pendidikan
Kontributor
Elvi R
17 April 2018, 17:33 WIB
Gawat! KPAI Sebut Kemendikbud Lakukan Malapraktik Pendidikan
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti. FOTO: RILIS.ID/Elvi R

RILIS.ID, Jakarta— Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menilai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan malapraktik pendidikan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/MA pada mata pelajaran matematika.

"Menguji anak-anak dengan soal yang materi dan jenis soalnya tidak pernah diajarkan adalah malapraktik dalam pendidikan, tepatnya dalam evaluasi," kata Retno dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Retno mengatakan, malapraktik di bidang kedokteran bisa menimbulkan kematian terhadap pasien, malapraktik di bidang pendidikan bisa merugikan siswa dan menghambat kualitas pendidikan.

KPAI menyesalkan penjelasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang mengatakan soal matematika UNBK memang dibuat sulit. Meski Muhadjir sudah meminta maaf secara terbuka setelah mendapat kritik dari para peserta UNBK.

"Soal dibuat sulit karena termasuk jenis soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Padahal, sulit atau mudahnya sebuah soal tidak bisa ditentukan dari teks atau konteks soal," tuturnya.

Menurut Retno, secara metodologis tingkat kesulitasn soal ditentukan secara statistik, yaitu berapa siswa yang menjawab benar, salah atau tidak menjawab dari populasi atau sampel yang diteliti.

"Sederhananya bila banyak siswa menjawab benar, berarti soal itu mudah, begitu pula sebaliknya. Padahal, hasil UNBK matematika SMA belum diketahui hasilnya," katanya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)