logo rilis

Gatot Nurmantyo: Dirgahayu Kopassus ke-66, Komando! 
Kontributor
Sukma Alam
16 April 2018, 12:32 WIB
Gatot Nurmantyo: Dirgahayu Kopassus ke-66, Komando! 
Gatot Nurmantyo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo mengucapkan selamat HUT ke-66 untuk Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang jatuh pada hari ini, Senin (16/4/2018).

Melalui akun Twitter-nya @Nurmantyo_Gatot menyampaikan, Kopassus telah menorehkan tinta emas dalam kehidupan bangsa dan negara.

Gatot yang saat ini masuk bursa capres-cawapres 2019 ini bangga menjadi bagian dari Kopassus. Ia mengenang ketika dirinya mengikuti pendidikan untuk menjadi anggota Kopassus berusia 55 tahun. Meski berpangkat jenderal, ia enggan menerima brevet kehormatan.

Berikut ini pernyataan lengkap Gatot:

Prajurit komando yang sangat saya banggakan. Kita adalah patriot bangsa karena kita telah ditempa dengan keras. Saya merasakan dinginnya air danau Situ Lembang, gelap sunyinya malam dan ganasnya laut selatan ketika berenang taktis dari pantai Permisan Cilacap menyusup ke Nusakambangan pada usia senja yang tak lagi muda. Tetapi kecintaan yang berlebih pada Korps Baret Marah telah membuat semuanya jadi bisa.

Dengan rasa bangga, izinkan saya mengingatkan bahwa sepanjang 66 tahun pengabdiannya, Kopassus telah menorehkan tinta emas dalam setiap bagian sejarah negara. Tak jarang harus nenumpahkan darah dan bertaruh nyawa karena rasa cinta kepada bangsa dan rakyat semata. Maka jangan sia-siakan pengorbanan mereka.

Di tengah sunyi dan dingin gelapnya malam, saya mengajak kita semua untuk merenungkan bait demi bait, khususnya bait terakhir Hymne Komando. "Lebih baik pulang nama dari pada gagal di medan laga".

Sebuah janji suci yang telah kita ikrarkan di hadapan Sang Kuasa dan di bawah dwi warna sang panji.

Namun, dengan segala kerendahan hati, izinkan saya mengingatkan, bahwa janji itu hanya dipersembahkan untuk rakyat, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bukan untuk suatu kelompok, bukan untuk suatu golongan, bukan untuk suatu kekuasaan. Maka berdirilah tegak para pemegang janji suci hanya demi ibu pertiwi.

Teruslah berjuang dan berkarya untuk bangsa. Junjung tinggi nama besar dan harga diri Korps Baret Merah. Dirgahayu Korps Baret Merah ke 66, berani, benar, berhasil. Komando! 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)