Home » Peristiwa » Nasional

Gara-gara Surat, Politisi Gerindra Ini 'Sentil' Koleganya

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

Ketua DPP Gerindra, Desmond J Mahesa, sedang memperhatikan telepon genggamnya. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPP Gerindra, Desmond J Mahesa, mengkritik koleganya Fadli Zon, lantaran menandatangani surat resmi DPR RI kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan berisi agar penyidikan terhadap Setya Novanto ditunda.

"Pak Fadli Zon enggak benar," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Sekretariat Jenderal DPR RI diketahui menyambangi KPK untuk mengirimkan surat yang ditandatangani Fadli ihwal penundaan pemeriksaan Setnov, sapaan Novanto, tersangka kasus dugaan korupsi Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP.

Pertimbangannya, merujuk sikap KPK saat menangani perkara dugaan gratifikasi dengan tersangka mantan Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian RI, Jenderal Budi Gunawan atau BG.

Kala itu, KPK menunda pemeriksaan hingga sidang praperadilan yang diajukan BG rampung. Sementara, Setnov diketahui sudah mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan per 4 September lalu.

Desmond menerangkan, yang bisa menghentikan proses hukum yang dilakukan instansi terkait, baik KPK, Polri, maupun Kejaksaan, adalah pengadilan.

"Dengan pertimbangan-pertimbangan yang sangat rasional, kalau menghentikan itu, mengintervensi pengadilan," tegasnya. 

"Surat itu tak penting," sambung mantan aktivis '98 ini dengan nada ketus.

Karenanya, KPK diharapkan tidak menggubris surat tersebut, karena salah kaprah dan pimpinan DPR dianggapnya tak memahami sistem peradilan dan penegakan hukum.

"Kalau sebelum praperadilan DPR kirim surat ke sana, mungkin ada sesuatu yang bisa kita nilai. Tapi, posisi sudah di pengadilan, dia kirim ke KPK, ada nilainya enggak?" tandas Desmond.

Di sisi lain, Masyarakat Antikorupsi Indonesia (Maki) telah melaporkan Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, Rabu siang, karena menandatangani surat tersebut.

Penulis Fatah H Sidik
Editor Sukarjito

Tags:

Desmond MahesaGerindraFadli ZonSetnovKPKE-KTP

loading...