logo rilis

Gandeng Cawapres Perempuan, Ini yang Harus Dilirik Jokowi
Kontributor
Nailin In Saroh
21 Maret 2018, 09:36 WIB
Gandeng Cawapres Perempuan, Ini yang Harus Dilirik Jokowi
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Calon wakil presiden (cawapres) dari kalangan perempuan disebut berpotensi mendulang suara tinggi pada kontestasi Pemilihan Presiden 2019 nanti. 

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Jakarta, Toto Sugiarto, menilai, figur perempuan akan menyumbang kemenangan apabila memang memiliki sejumlah kriteria, yakni elektabilitas tinggi, basis masa dan dukungan partai politik. 

"Sekarang ini ada banyak perempuan yang memiliki kompetensi. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Keuangan Sri Mulyani," ujar Toto di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Menurut Toto, Puan memiliki basis dukungan dari PDIP. Sementara Sri Mulyani merupakan seorang teknokrat atau cendekiawan yang berkiprah di pemerintahan.

Selain itu, kata Toto, masih banyak akademisi perempuan dan aktivitas yang juga memiliki kapabilitas sebagai cawapres. Perempuan-perempuan berkompetensi tersebut, bisa saja mendampingi Jokowi yang capres lainnya.

"Nama mereka yang saat ini belum muncul mungkin saja nanti jadi muncul," katanya. 

Toto menambahkan, identitas perempuan melengkapi laki-laki seperti pasangan capres-cawapres dari Jawa dan non-Jawa. Khusus Sri Mulyani akan melengkapi Jokowi maupun Prabowo.

Bahkan, sambung Toto, setengah dari masyarakat Indonesia yang sudah berhak memilih dalam Pilpres 2019 adalah perempuan. "Dengan adanya sosok cawapres perempuan, mereka akan merasa terwakili dan besar kemungkinan akan memilihnya," tuntasnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)