logo rilis
Gaji Pensiun PNS Korea Diterapkan di Indonesia?
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
25 Maret 2018, 05:25 WIB
Gaji Pensiun PNS Korea Diterapkan di Indonesia?
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan mengkaji sistem pendanaan pensiun bagi para abdi negara, mengacu regulasi yang diterapkan di Korea Selatan.

Menteri PANRB, Asman Abnur, menyatakan bahwa sistem pensiun ASN di Indonesia harus diperbaiki. Sehingga, para pegawai ini tidak merasa khawatir ketika harus pensiun.

"Kita harap tahun ini (dikaji), setelah kita sepakati nanti kita putuskan," kata Asman dalam siaran persnya, Sabtu (24/3/2018).

Sebelumnya, Kemenpan RB telah melakukan kerjasama peningkatan kualitas SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan Ministry of Personnel Management Republik of Korea. 

Salah satu poin kerjasamanya adalah, pemerintah Indonesia akan mengkaji sistem pendanaan pensiun bagi para abdi negara.

Minister of Personnel Management Republik of Korea, Kim Pan Suk, menjelaskan pejabat tinggi di Republik Korea rata-rata mendapat pensiun sebesar USD 4000 per bulan. Sedangkan pejabat tinggi di Indonesia mendapat uang pensiun USD 350 per bulan. 

Di sana, negara ikut iuran sekitar 10 persen dari gaji setiap PNS dalam pendanaan dana pensiun mereka. Sistem inilah yang tengah dikaji pemerintah.

"Sistem seperti ini akan kita perbaiki ke depannya. Sehingga ASN akan menjadi motor penggerak sekaligus penyelenggara negara yang profesional," ujar Asman. 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)