logo rilis
Film Cahaya di Langit Hijaz Dapat Restu Ma'ruf Amin
Kontributor
Ning Triasih
03 April 2018, 19:45 WIB
Film Cahaya di Langit Hijaz Dapat Restu Ma'ruf Amin
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Maruf Amin. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Rencana produksi film Cahaya di Langit Hijaz disrestui Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rais Aam NU KH Ma'ruf Amin. Film yang mengisahkan kehidupan Syekh Nawawi al-Bantani (1813-1897) ini rencananya akan diproduksi Max Pictures tahun ini.

“Syekh Nawawi al-Bantani adalah seorang ulama besar di masanya, yang tidak hanya dikenal di nusantara, juga di dunia Islam. Beliau adalah mahaguru ilmu keislaman, di mana banyak ulama terkemuka negeri ini pernah berguru,” tutur Kiai Maruf di kediamannya, Senin malam (2/4) seperti dikutip dari press release yang diterima rilis.id.

Kiai Maruf sendiri merupakan murid atau santri Syekh Nawawi al-Bantani. Menurut Kiai Maruf, Syekh Nawawi dikenal sebagai cendekiawan yang memiliki kedalaman ilmu sekaligus penulis yang produktif.

Beberapa literatur menyebut, karyanya telah mencapai lebih dari 100 judul kitab dengan tema beragam disiplin ilmu, mulai dari ilmu kalam, tauhid, tafsir, syariah, sejarah dan lain-lain.

Namun, ada salah satu kitab yang sampai sekarang masih dipelajari di berbagai pesantren di seluruh nusantara serta diakui kalangan ulama di dunia Islam, yakni Tafsir al Munir li Ma’alim at-Tanzil, yang lebih dikenal dengan judul Marah Labid Tafsir an-Nawawi. Kitab tafsir ini begitu disanjung di kalangan alim-ulama. Atas kedalaman ilmunya, Syekh Nawawi al-Bantani dianugerahi gelar Sayyid Ulama al-Hijaz.

Saking tersohornya Syekh Nawawi al-Bantani, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sampai mengidolakannya. Hal itu teraungkap saat Jokowi menghadiri peringatan haul Syekh Nawawi al-Bantani di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten pertengahan tahun lalu. Kala itu jokowi mengatakan, Syekh Nawawi adalah ulama besar yang pernah dimiliki Indonesia.

Nah, akan digarapnya film Cahaya di Langit Hijaz ini bertujuan untuk mengenang dan memperkenalkan kembali  sosok dan kiprah Syekh Nawawi al-Bantani kepada masyarakat Indonesia. 

Kiai Maruf pun berharap dan mendoakan, proses produksi film ini bisa berjalan lancar. Bahkan, ia bersedia jika ditunjuk jadi penasihat produksi Cahaya di Langit Hijaz


komentar (0)