logo rilis
Figur Hadi Tjahjanto Dinilai Layak Jadi Cawapres Jokowi
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
25 April 2018, 13:41 WIB
Figur Hadi Tjahjanto Dinilai Layak Jadi Cawapres Jokowi
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universiras Padjadjaran, Bandung, Muradi, menilai, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto layak jadi kandidat calon wakil Presiden Joko Widodo di Pemilu 2019 mendatang. 

Muradi mengatakan, capaian karir Hadi di militer selama ini memenuhi kriteria sebagai pendamping mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

"Capaian prestasi sebagai jenderal bintang empat, hal itu memungkinkan sekali yang bersangkutan bisa dimajukan," kata Muradi kepada rilis.id, Rabu (25/4/2018).

Sejumlah figur, ujar Muradi, memang perlu dipertimbangkan oleh Jokowi. Termasuk juga mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) tersebut. 

"Semua figur memungkinkan untuk dicalonkan, termasuk Pak Hadi. Selama memenuhi kualifikasi administrasi dan kecakapan," ujarnya. 

Untuk diketahui, Hadi Tjahjanto merupakan perwira tinggi TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1986. Sebelum menjabat Panglima TNI dan KSAU, Hadi merupakan Irjen Kemhan dan juga pernah menjadi Sekretaris Militer Kepresidenan. 

Kedekatan Hadi dengan Jokowi disebut-sebut menjadi salah satu peluang dipilihnya mantan Kepala Dinas Penerangan TNI AU itu sebagai pendamping Jokowi di 2019 mendatang. 

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)