logo rilis

Festival Pesona Lokal Jakarta Pamerkan Keragaman Budaya Betawi
Kontributor
Ning Triasih
11 November 2018, 10:46 WIB
Festival Pesona Lokal Jakarta Pamerkan Keragaman Budaya Betawi
Festival Pesona Lokal Jakarta. FOTO:

RILIS.ID, Jakarta— Festival Pesona Lokal kembali digelar hari ini di area parkir selatan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (11/11/2018). Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan di 9 kota, Festival Pesona Lokal Jakarta dimeriahkan dengan berbagai acara menarik mulai dari parade karnaval budaya, lomba mural, lomba kreasi masakan daerah, lomba UMKM hingga Pasar Rakyat.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. Kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah ini diselenggarakan dalam rangka HUT Adira Finance ke-28 yang jatuh pada 13 November. 

Rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal sendiri telah diadakan di Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontianak, Malang, Medan, Palembang dan Jakarta mulai September 2018 hingga November 2018.

Dibuka oleh Direktur Utama Adira Finance, Bapak Hafid Hadeli, beserta seluruh jajaran manajemen Adira Finance, serta Direktur Utama Adira Insurance Bapak Julian Noor dan jajaran manajemen Adira Insurance, Festival Pesona Lokal Jakarta digelar mulai pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB waktu setempat. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 10 ribu peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance (karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis), komunitas, pelajar, hingga masyarakat umum.

“Terima kasih kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya, atas dukungan dan partisipasi yang luar biasa pada acara hari ini. Jakarta merupakan kota penutup dari rangkaian 9 Kota kegiatan Festival Pesona Lokal. Antusiame yang ditunjukkan seluruh peserta dan masyarakat Jakarta tidak kalah meriah dan seru dengan kota-kota sebelumnya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dan para sponsor yang telah membantu demi terlaksananya kegiatan Festival Pesona Lokal dengan baik, aman dan tertib, sampai akhir rangkaian kegiatan ini,” ujar Hafid Hadeli.

Antusiasme masyarakat Jakarta dan dukungan pemerintah daerah yang luar biasa pada kegiatan Festival Pesona Lokal hari ini, terlihat dari puluhan ribu peserta dan pengunjung yang memadati lokasi acara. Selain itu, turut pula hadir Gubenur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, beserta jajarannya untuk menyapa dan memberikan sambutan kepada seluruh peserta dan pengunjung. Kegiatan hari ini juga dimeriahkan dengan kehadiran beberapa tokoh budaya betawi seperti Ridwan Saidi dan JJ Rizal.

Acara Festival Pesona Lokal Jakarta dibuka oleh ratusan penari ondel-ondel, ajang fashion show dari brand lokal Nikocio, dilanjutkan dengan parade Karnaval Budaya yang diikuti oleh lebih dari 7.500 peserta yang menampilkan keberagaman baju adat dan musik tradisional serta seni pertunjukkan khas budaya Betawi. Karnaval budaya ini melewati Jalan Maltatuli, Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudirman dan kembali ke Area Parkir Selatan GBK, dengan panjang rute kurang lebih 3,8 kilometer.

Selain Karnaval Budaya, Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku serta Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Semur Jengkol juga meramaikan Festival Pesona Lokal Jakarta. Selain itu, juga diadakan Lomba UMKM di mana akan dipilih tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Di Festival Pesona Lokal Jakarta, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan yang inovatif dan kreatif.

Total Hadiah Ratusan Juta Rupiah

Hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang Festival Pesona Lokal Jakarta. Untuk pemenang lomba Karnaval Budaya, juara 1 akan mendapatkan uang senilai Rp20.000.000, juara 2 Rp10.000.000 dan juara 3 Rp7.000.000.

Pemenang Lomba Mural, juara 1 uang tunai Rp10.000.000, juara 2 Rp7.000.000, dan juara 3 Rp5.000.000.

Pemenang Lomba UMKM masing-masing akan mendapatkan uang tunai, juara 1 Rp10.000.000, juara 2 Rp7.000.000 dan juara 3 Rp5.000.000.

Sementara untuk pemenang Lomba Kreasi masakan daerah menerima hadiah juara 1 uang tunai Rp7.000.000, juara 2 Rp5.000.000 dan juara 3 Rp3.000.000.

Di puncak acara, pengunjung akan disughkan dengan penampilan spesial dari Judika dan Via Valen. Tak ketinggalan, bagi para pecinta fotografi, Ada berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai jutaan rupiah dengan mengikuti lomba foto Instagram yang berlaku hanya pada hari ini sampai dengan pukul 13.00 WIB. 

Caranya, Anda cukup follow akun Instagram @adirafinanceid dan Facebook Adira Finance, upload foto terbaik beserta caption dengan hashtag #AdiraFinanceID #FestivalPesonaLokal dan #FestivalPesonaLokalJKT, serta mention akun Instagram @adirafinanceID.

Selain berbagai perlombaan yang diadakan di setiap kota atas diselenggarakannya Festival Pesona Lokal, akan diberikan pula penghargaan khusus yaitu Kota Paling Memesona dari Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut. Acara penganugerahan perhargaan tersebut dilaksanakan pada program Indonesia Award di stasiun tv iNews pada 15 November 2018 mendatang.

Dukungan dan Penghargaan

Pada perhelatan kali ini, Adira Finance menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk Karnaval Budaya Secara Seri di Lokasi Terbanyak pada acara Festival Pesona Lokal. Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Bapak Hafid Hadeli oleh pendiri sekaligus Direktur Utama MURI Jaya Suprana.

Festival Pesona Lokal mendapat dukungan berbagai perusahaan antara lain PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya seperti PT Coca Cola Amatil Indonesia, PT Astra Otoparts Tbk (Shop & Drive), PT Torabika Eka Semesta (Mayora), PT Artajasa Pembayaran Elektronis, PT Astra Honda Motor, PT
SMARTFREN Telecom Tbk, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Asuransi Sinar Mas, PT Asuransi Raksa Pratikara, Unilever Indonesia - Wall's, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Massindo International dan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.

Seluruh peserta mendapatkan perlindungan kecelakaan diri dari Adira Insurance selama acara berlangsung, serta mendapatkan produk Frestea, Torabika Kopi Susu Espresso, Beng-beng Drink, Energen dan eskrim Wall’s dan kartu perdana SMARTFREN 4G secara gratis.

“Dengan berakhirnya kegiatan Festival Pesona Lokal Jakarta, maka berakhir pula rangkaian 9 Kota Festival Pesona Lokal tahun ini. Kami berharap melalui Festival Pesona Lokal, kami dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga dan mempromosikannya. Semoga kami bisa terus menghadirkan Festival Pesona Lokal dengan lebih baik lagi ditahun-tahun mendatang,” tutup Hafid. (Hari/Ning)


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)