logo rilis
Festival Musik dan Rampal di Bojonegoro Semarakkan Ramadan 2018
Kontributor
Ning Triasih
16 Mei 2018, 21:30 WIB
Festival Musik dan Rampal di Bojonegoro Semarakkan Ramadan 2018
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Bojonegoro— Bulan Ramadan tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur bakal menggelar Festival Musik Religi dan Rampal Bedug. Festival ini sebagai pengganti pentas periodik kesenian bulanan yang diadakan di kecamatan.

"Agenda pentas periodik kesenian bulanan di kecamatan ditiadakan. Sebagai gantinya akan digelar Festival Musik Religi dan Rampal Bedug dengan mengambil lokasi di kantor Disbudpar," kata Kabid Budaya Dispbudpar Bojonegoro Taufiq Amrullah di Bojonegoro, Rabu (16/5/2018) dikutip dari ANTARA.

Rampal Bedug sendiri merupakan kesenian tabuhan atau memukul bedug yang biasanya dilakukan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Meski disebutkan bakal diselenggarakan di bulan puasa, namun Taufiq belum menyebutkan lebih detail waktu pelaksanaan festival tersebut. Ia menuturkan, masih mencari waktu yang tepat. Kegiatan kesenian selama Ramadan ini, lanjutnya, menyesuaikan kesenian yang digelar, yakni bersifat keagamaan.

"Kalau pentas seni periodik penampilan keseniannya bersifat umum, sebab tujuannya menggali dan melestarikan kesenian yang tumbuh di kecamatan," ujarnya.

Dalam kegiatan pentas periodik di kecamatan, katanya, semuanya memperoleh fasilitas dari Disbudpar, sedangkan kecamatan bisa menampilkan kegiatan kesenian yang menonjol di daerahnya masing-masing.

"Setiap penampilan pentas periodik kesenian di kecamatan selalu muncul kesenian baru, seperti di Kecamatan Baureno, melahirkan tari "Encek Grenjeng" yang mewakili Bojonegoro dalam festival karya tari se-Jatim di Surabaya beberapa waktu lalu," tandasnya.
 


500
komentar (0)