logo rilis

Festival Cisadane 2019 Jadi Berkah bagi UKM hingga Industri Perhotelan
Kontributor
Zulyahmin
28 Juli 2019, 19:13 WIB
Festival Cisadane 2019 Jadi Berkah bagi UKM hingga Industri Perhotelan
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Tangerang— Antusiasme masyarakat untuk mengunjungi Festival Cisadane 2019 yang digelar Pemerintah Kota Tangerang membawa berkah tersendiri bagi para pelaku UKM khususnya pengusaha produk makanan dan minuman seperti Putri Rahmawati. 

Putri membuka stan di Festival Cisadane 2019 untuk mempromosikan produk minumannya, Sirup Blimbing wuluh berkah. Dirinya mengaku, event tersebut sangat efektif untuk mengenalkan dan mendongkrak penjualan produk minuman tersebut. 

"Ini efeknya terasa banget. Kita jadi banyak nambah agen di festival ini," katanya di lokasi acara Festival Cisadane 2019 di Kota Tangerang, Banten, Minggu (28/7/2019). 

Putri mengatakan, produk minuman yang terbuat dari buah belimbing wuluh, bunga, gula dan garam itu mendapatkan sambutan positif dari pengunjung yang datang di Festival Cisadane 2019. Bahkan, menurutnya, penjualannya pun langsung meningkat tajam. 

"Ini kita setengah hari aja udah dapet Rp2 juta rupiah di sini," ujarnya. 

Putri mengungkapkan, Festival Cisadane 2019 adalah yang paling sukses dalam mendongkrak penjualan produk minuman yang diproduksi di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang itu dibandingkan dengan festival lainnya.

Senada dengan Putri, Tanujaya yang memproduksi blankon juga mendapatkan berkahnya. 

"Alhamdulillah ini membawa berkah. Ini untuk pengenalan produk," katanya. 

Dia mengaku, blangkon yang diproduksi di Panunggangan Barat, Kota Tangerang itu juga mendapatkan sambutan positif dari para pengunjung Festival Cisadane 2019. 

"Festival Cisadane ini baru ini kita ikutan. Tapi alhamdulillah membawa berkah, peminatnya banyak," ungkapnya. 

Tak hanya para pelaku industri kecil, sejumlah perhotelan juga mendapatkan dampak positif dari festival yang digelar sejak 26 Juli sampai 3 Agustus 2019 tersebut, salah satunya Hotel Yelow Bee. 

Hotel yang berada di dekat lokasi Festival Cisadane 2019 di Jalan Benteng Jaya, Benteng Makassar, Tangerang itu penuh oleh pengunjung sejak pembukaan festival tersebut. 

"Kita kamarnya sudah penuh dari tanggal 26 sampai 29 full 100 persen. Biasanya kalau hari biasa 60-70 persen," kata salah satu pegawai tersebut. 

Selain sebagai hiburan budaya dan seni untuk masyarakat, kehadiran Festival Cisadane 2019 juga diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat. 

Menurut Kabid Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang, Katrina Iswandari, Festival Cisadane 2019 bisa menggerakkan UMKM lantaran jadi tempat efektif untuk mengenalkan produk-produknya. 

"Ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di masyarakat sekitar dan tentu saja meningkatkan UMKM. Produknya jadi dkenal oleh masyarakat luas. Dan diharapkan dapat semakin meningkat omzetnya," kata Katrina kepada rilis.id. 

Dia mengaku, saat ini belum bisa menghitung omzet UMKM dari gelaran festival tersebut. Namun, dirinya berharap, Festival Cisadane 2019 ini bisa lebih besar dari tahun lalu yang mencapai Rp1,3 miliar. 

"Karena baru memasuki hari ketiga, sampai saat ini pendataan sedang berlangsung. Tapi tahun kemarin omzet total UMKM bisa mencapai Rp1,3 miliar. Tahun ini diharapkan bisa lebih," ungkapnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID