logo rilis

Fadli Zon Sebut Pelapor Rocky Gerung 'Puber Pancasila', Sindir Politisi PDIP?
Kontributor
Nailin In Saroh
09 Desember 2019, 23:08 WIB
Fadli Zon Sebut Pelapor Rocky Gerung 'Puber Pancasila', Sindir Politisi PDIP?
Wakil Ketua umum Gerindra, Fadli, Zon

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menilai, pernyataan pengamat politik Rocky Gerung terkait pancasila tidak pantas dilaporkan ke pihak berwajib. Meskipun, pernyataan Rocky ada sedikit kekeliruan, namun semestinya pendapat itu hanya perlu diluruskan.

“Pernyataan Rocky mengenai Pancasila juga tak pantas diadukan. Ia memang keliru ketika menyatakan yang tidak bisa diubah hanya bentuk negara, sementara Pancasila bisa diubah melalui amandemen,” kata Fadli Zon dalam keterangannya ditulis Senin, (9/12/2019).

Fadli meluruskan, memang ada dua hal yang tidak bisa diubah melalui amandemen konstitusi, yaitu Pembukaan (Preambule) dan bentuk negara. Sila-sila Pancasila itu, kata dia, ada di Pembukaan sehingga kedudukannya tidak bisa diamandemen.

Meski keliru, jelas Fadli, pernyataan Rocky tidak bisa disamakan dengan menghina pancasila. Dia justru menyindir pihak yang melaporkan Rocky Gerung. Menurutnya, pikiran mereka terlalu sempit.

“Apa karena kekeliruan itu, Rocky telah menghina Pancasila? Saya kira hanya mereka yang pikirannya sempit, atau baru ‘puber Pancasila’ saja yang mengira demikian,” kata Fadli Zon.

Bahkan, sambung Fadli, orang seperti itu lah yang perlu dikhawatirkan. Sebab bisa memecah belah persatuan. 

"Mereka ini biasanya merasa dirinya paling Pancasilais dibandingkan warga negara yang lain. Bagi saya, orang-orang yang baru “puber Pancasila” ini jauh lebih pantas dikhawatirkan ketimbang Rocky Gerung. Pancasila adalah alat pemersatu, bukan alat pemecah-belah,” tandasnya.

Diketahui, Anggota DPR dari fraksi PDIP, Junimart Girsang, melaporkan pengamat politik Rocky Gerung lantaran menyebut Presiden Joko Widodo tak paham Pancasila. Junimart secara blak-blakan mengaku tersinggung dengan pernyataan dosen filsafat Universitas Indonesia itu. 

“Karena Presiden Jokowi adalah dari PDIP, dan atas seizin pengurus saya akan melaporkan karena sudah menghina simbol negara,” kata Junimart Girsang di acara ILC bertajuk “Maju Mundur FPI”, Selasa (3/12).

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID