logo rilis
Fadli Dorong Jokowi Umumkan Cawapres, Elite PDIP: Mestinya Challenger Lebih Dulu
Kontributor
Nailin In Saroh
18 Mei 2018, 15:22 WIB
Fadli Dorong Jokowi Umumkan Cawapres, Elite PDIP: Mestinya Challenger Lebih Dulu
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mendorong Joko Widodo untuk mengumumkan calon wakil presiden yang akan ditunjuknya pada Pilpres 2019 mendatang. 

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengklaim petahana bebas menentukan waktu umumkan pendampingnya. Justru sebaliknya, kubu penantang lah yang harus mendeklarasikan paslon yang diiusungnya sebagai lawan Jokowi.

"Apa enggak kebalik? Kalau dalam permainan catur, juara bertahan bisa memilih bidak putih atau bidak hitamnya. Kalau dalam pertandingan tenis internasional, atau sepakbola, juara bertahan mendapat tempat kehormatan tidak bertanding dalam kualifikasi. Jadi, artinya mestinya challenger ini yang menentukan paslonnya dulu," jelas Hendrawan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Menurutnya, hanyalah strategi semu jika ada yang menganggap parpol koalisi pendukung Jokowi bakal mundur apabila salah menentukan cawapres.

"Itu harapan yang semu. Karena sekarang penting bagi siapapun yang ingin maju sebagai capres, membangun koalisi 20 persen, persyaratan. Itu dulu silakan. Itu sebabnya pidato Ketum Megawati di apel siaga Solo jelas sekali. Silakan kalau ada yang deklarasikan," tegas Hendrawan.

Diketahui, Gerindra hingga saat ini masih enggan mengumumkan sosok cawapres pendamping sang Ketum, Prabowo Subianto. Waketum Gerindra Fadli Zon mengatakan, akan lebih baik jika kubu Joko Widodo (Jokowi) mengumumkannya terlebih dahulu.

"Lebih bagus duluan Pak Jokowi yang mengumumkan, baru nanti kita (akan mengumumkan cawapres Prabowo)," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/5) lalu.

Editor: Eroby JF


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)