logo rilis
Facebook Akui Ada Kebocoran Data Pengguna Indonesia
Kontributor
Zul Sikumbang
17 April 2018, 11:57 WIB
Facebook Akui Ada Kebocoran Data Pengguna Indonesia
Ilustrasi Facebook. FOTO: RILIS.ID/Intan Nirmala Sari

RILIS.ID, Jakarta— Sekitar 1 juta lebih orang Indonesia berpotensi terkena dampak dari penggunaan aplikasi this is your digital life Facebook. Diketahui sebanyak 748 orang Indonesia telah memasang aplikasi tersebut sejak November 2013 hingga 17 Desember 2015.

“Kami menemukan tambahan sebanyak 1.095.918 orang di Indonesia yang berpotensi terkena dampak, sebagai teman dari pengguna aplikasi. Sehingga total 1.0966.666 orang Indonesia yang terkena dampak atau 1,26% dari total jumlah orang Indonesia yang terkena dampak secara global,” kata Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari, dalam RDP dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (17/4/2018)

Ruben juga menyampaikan beberapa poin terkait metode yang digunakan untuk mengidentifikasi orang-orang yang terkena dampak Facebook.

Pertama, fitur lokasi telah digunakan untuk mengidentifikasi orang-orang yang terkena dampak. Perlu dicatat bahwa Lokasi tidak mencerminkan kebangasaan atau kewarganegaraan dan kemungkinan besar tidak mencerminkan tempat tinggal atau domisili sebenarnya,” kata Ruben.

Kedua, angka ini tidak termasuk orang yang telah mengunduh aplikasi tersebut, tapi kemudian menghapus akun Facebooknya. Karena kami sudah tidak memiliki datanya.

"Ketiga, Angka ini pun mungkin lebih besar dari yang sebenarnya. Karena kami tidak menyimpan data pengguna perorangan yang telah mengunduh aplikasi tersebut, kami pun menghitung berdasarkan orang yang telah mengunduh aplikasi tersebut selama tersedia di platform kami, dan juga orang yang terhubung dengan mereka sebagai teman di Facebook sejak aplikasi tersebut aktif di platform Facebook pada bulan November 2013 hingga saat kami membatasi akses atas data teman pengguna pada bulan Mei 2015," tutupnya.

Editor: Sukardjito


500
komentar (0)