logo rilis
Era Teknologi, Ini Cara Supaya Tak Tergerus Zaman
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
26 Mei 2018, 06:35 WIB
Era Teknologi, Ini Cara Supaya Tak Tergerus Zaman
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengajak masyarakat membekali diri dengan keahlian baru dalam menghadapi perkembangan teknologi.

"Disrupsi teknologi ini tidak perlu dirisaukan, karena justru berpotensi membuka lapangan pekerjaan yang baru. Revolusi Industri ke-4 ini pasti akan datang, tapi tidak usah khawatir," ujar dia pada Sabtu (26/5/2018).

Ia mengatakan, masyarakat harus jeli dalam mencari celah peradaban industri ke-4, agar lapangan pekerjaan yang ada tidak mudah tergerus.

Alih-alih takut menemui kesulitan mendapatkan pekerjaan, masyarakat harus mampu membuka peluang-peluang dunia kerja baru, agar Indonesia mampu menghadapi Revolusi Industri 4.0.

"Masyarakat harus mampu mengikuti perkembangan dan menguasai teknologi, sehingga teknologi harus menjadi budak kita, bukan kita yang menjadi budak teknologi," katanya lagi.

Menkominfo menyebut negara-negara Eropa yang paling terkena dampak signifikan akibat dari Revolusi Industri, seperti Jerman yang industrinya hampir 50 persen. Sedangkan, di Indonesia 20 persen saja, masih banyak dikerjakan manusia.

Marketplace e-Commerce misalnya, ujar Rudiantara, masih merekrut ratusan orang untuk melayani konsumennya, padahal pelayanan jasa dalam bisnis daring itu merupakan kompetensi kapasitas yang baru dalam Revolusi Industri ke-4.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)