logo rilis

Era Jokowi, Anggaran Pertahanan dan Kesejahteraan TNI Meningkat
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
16 Oktober 2018, 21:45 WIB
Era Jokowi, Anggaran Pertahanan dan Kesejahteraan TNI Meningkat
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP), Jaleswari Pramodhawardani, mengatakan, Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) telah memenuhi janji kampanyenya yang terekam dalam Nawacita.

Salah satu janji kampanye tersebut, yakni terkait kesejahteraan prajurit TNI serta peningkatan anggaran pertahanan.

Dia menyebut, hingga empat tahun usia pemerintahan Jokowi-JK, jumlah anggaran pertahanan dan kesejahteraan prajurit sudah menigkat.

Terkait kesejahteraan, Jaleswari mengatakan hingga 2018 pemerintah telah membangun 214.441 rumah prajurit. Jumlah rumah prajurit yang dibangun meningkat dibanding pada 2015, sebanyak 209.885 rumah.

Tak hanya memperhatikan kesejahteraan prajurit, pemerintahan Jokowi-JK juga peduli terhadap para veteran. Berdasarkan PP Nomor 31 tahun 2018, pemerintah menaikkan tunjangan veteran sebesar 25 persen.

"Saya melihat ada peningkatan yang signifikan," kata Jaleswari di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Jaleswari menjelaskan, komitmen Jokowi terhadap peningkatan anggaran pertahanan cukup tinggi. Hal itu tercermin dalam postur anggaran pertahanan yang menjadi salah satu yang terbesar dalam APBN.

Karenanya, menurut dia, Indonesia kini sudah bisa mandiri dalam membuat pesawat terbang, salah satunya pesawat CN 235. 

Ke depan, lanjut dia, pemerintahan Jokowi akan terus berupaya untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan alutsista TNI.

"Di satu sisi kita ingin membesarkan industri pertahanan kita dengan membesarkan PT PAL, Pindad, PT DI untuk memenuhi kebutuhan. Tapi di sisi lain kita sadar betul bahwa kita masih butuh pesawat canggih yang belum kita bisa produksi sendiri seperti Sukhoi," paparnya. 

Editor: Kurnia Syahdan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)