logo rilis
Empat Varietas Unggul Kopi Robusta di Lepas Balitbangtan
Kontributor
Elvi R
23 Mei 2019, 16:30 WIB
Empat Varietas Unggul Kopi Robusta di Lepas Balitbangtan
Sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan semester pertama kembali digelar pada tanggal 24-26 April 2019 di Metland Hotel by Horison, Cirebon, Jawa Barat. FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Bogor— Sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan semester pertama kembali digelar pada tanggal 24-26 April 2019 di Metland Hotel by Horison, Cirebon, Jawa Barat. Sebanyak empat proposal pelepasan diajukan oleh pengusul dari Unit Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yaitu Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) dan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas), masing-masing untuk tanaman kopi, kelapa dan tembakau. Untuk Balittri kembali mengusulkan empat varietas kopi Robusta berdasarkan hasil verifikasi Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan, ungkap Syafaruddin, Ph.D Kepala Balittri di Pakuwon kemarin.

Keempat varietas kopi Robusta yang diusulkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan dengan nama Besemah 1, Besemah 2, Besemah 3, dan Besemah 4 berasal dari dataran tinggi sekitar gunung Dempo di wilayah Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan, telah dinyatakan lulus sebagai varietas unggul kopi Robusta Indonesia pada saat pengumuman sidang terbuka. Kelebihan dari ke empat varietas kopi Robusta  yang mempunyai produktivitas tinggi (> 2 ton per hektare) serta adaptif di dataran tinggi (> 700 m dpl) dan iklim basah, juga memiliki citarasa yang tinggi dengan score di atas 80, sehingga termasuk dalam "Fine Robusta". Tim Penilai Varietas (TPV) Tanaman Perkebunan yang dipimpin oleh ketua tim Direktur Perbenihan Perkebunan melalui Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan Tahun 2019, menyetujui untuk melepas empat varietas tersebut.

Usulan ini merupakan hasil dari serangkaian proses panjang yang diawali dengan survei pada 2015, kemudian dilanjutkan dengan uji observasi sejak 2016 sampai 2018. Pada saat sidang pelepasan varietas,  tim peneliti Balittri dipimpin oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D dengan anggota Ir. Enny Randriani, Ir. Handi Supriadi, Dani M.Sc,  Dr. Budi Martono, Sakiroh, SP dan Darmawan Pamungkas, A.Md. Sedangkan tim pelepasan varietas dari Provinsi Sumatera Selatan diikuti oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan dan staf,  Dinas Pertanian Kota Pagar Alam dan jajarannya, serta petani pemilik kebun yang menjadi lokasi observasi. Petani-petani ini merupakan pemulia handal yang membantu mengidentifikasi dan mengevaluasi sifat-sifat unggul varietas kopi Robusta Besemah 1, Besemah 2, Besemah 3, dan Besemah 4, demikian disampaikan oleh Tim Penilai Varietas yang ikut mengevaluasi di lapangan Dr. Rasidin Azwar. Selanjutnya Rasidin juga memberikan apresiasi kepada para petani yang secara alami bisa menyeleksi jenis kopi yang berkualitas, sehingga dapat dilepas sebagai varietas unggul.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Fadjry Djufry dalam kesempatan lain mengungkapkan bahwa kinerja Badan Litbang Pertanian dalam menghasilkan produk unggulan seperti varietas unggul kopi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkopian di Indonesia. 

Harapan lain disebutkan bahwa untuk memotivasi daerah-daerah lain yang memiliki potensi genetik tanaman dengan produktivitas tinggi dan kualitas bagus, perlu terus digali potensinya agar dapat dilepas sebagai varietas unggul nasional, ungkapnya menutup pernyatannya.

Sumber: Ir Handi Supriadi/Balitbangtan




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID