logo rilis

Empat Perbaikan Sehat Usai Lebaran
Kontributor
Ning Triasih
18 Juni 2018, 19:02 WIB
Empat Perbaikan Sehat Usai Lebaran
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Puasa Ramadan dan lebaran Idul Fitri 2018 telah usai. Kini saatnya kembali ke rutinitas dan pola hidup sehat Anda seperti semula.

Pasalnya, banyak gaya hidup yang mungkin berubah dan memengaruhi kesehatan Anda ketika lebaran. Karena itu, ada beberapa perbaikan yang mesti dilakukan agar tubuh kembali prima. Apa saja?

Pola tidur

Saat puasa, Anda terbiasa bangun dini hari untuk sahur. Hal ini kerap membuat Anda gampang lelah dan mengantuk di siang hari.

Usai Idul Fitri, kini saatnya Anda kembali  ke pola tidur normal. Usahakan untuk bangun pukul 04.00 ke atas dan tidur selama 7-8 jam setiap hari.

Pola makan

Saat lebaran, Anda mungkin kurang memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam perut, sehingga menimbulkan penumpukan lemak. Karenanya, setelah kembali beraktivitas seperti biasa, atur lagi pola makan Anda. Makanan tiga kali sehari dengan porsi yang cukup dan menu yang sehat.

Minum cukup

Ketika puasa dan perayaan lebaran, minuman manis mungkin jadi konsumsi wajib. Hal ini tentu kurang sehat. Setelah lebaran, penuhi kebutuhan minum air putih Anda 8 gelas per hari.

Aktifkan olahraga

Selain memperbaiki pola makan dan minum, Anda juga perlu mengaktifkan kembali aktivitas olahraga. Lakukan secara rutin minimal tiga minggu sekali. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti lari, bersepeda, serta aktivitas fisik ringan lainnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)