Home » Ragam

Empat Faktor Manusia Jadi Sasaran Nyamuk

print this page Kamis, 7/12/2017 | 23:12

Faktor nyamuk menggiit manusia. ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Digigit nyamuk tentu tidak mengenakkan. Selain dapat menimbulkan rasa gatal, ada beberapa jenis nyamuk yang bisa menyebabkan penyakit serius, seperti malaria dan demam berdarah. Lalu apa yang membuat seseorang jadi sasaran nyamuk?

Seperti dilansir dari National Geographic, ada empat faktor mengapa nyamuk tertarik menggigit manusia. Apa saja?

1. Golongan darah O

Orang dengan golongan darah O sangat rentan dua kali lebih tinggi jadi sasaran nyamuk dibanding mereka yang bergolongan darah A.

2. Bakteri

Meski terlihat mulus, rupanya kulit manusia ditinggali oleh bermacam-macam bakteri. Beberapa tipe bakteri inilah yang berpengaruh terhadap daya tarik nyamuk untuk menggigit kulit Anda.

3. Warna baju

Mulai sekarang, sebaiknya jangan sembarangan memilih warna baju yang akan Anda kenakan, terlebih jika Anda berada di daerah yang memang terdapat banyak nyamuk. Pasalnya, warna baju seperti hitam, biru gelap dan merah, akan lebih mudah menarik nyamuk.

4. Keringat

Jika Anda berkeringat, cepat-cepatlah mandi dan membersihkan diri. Pasalnya, nyamuk sangat mudah menemukan korban dalam jarak dekat lewat bau asam laktat, amoniak dan zat lain yang luruh bersama keringat.

Penulis Ning Triasih

Tags:

nyamuktips kesehatan