logo rilis
E-KTP Nyecer di Bogor, Fahri Hamzah: Pemerintah Teledor!
Kontributor
Nailin In Saroh
30 Mei 2018, 15:15 WIB
E-KTP Nyecer di Bogor, Fahri Hamzah: Pemerintah Teledor!
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, menilai pemerintah teledor terkait tercecernya ribuan keping kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Bogor, Jawa Barat.

Ia juga meminta agar pemerintah untuk tidak menganggap remeh atas tercecernya ribuan keping e-KTP tersebut, agar tidak terjadi polemik di masyarakat. 

"Pemerintah, khususnya Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri dan kepolisian harus segera melakukan investigasi menyeluruh atas kasus itu," ujar Fahri di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Investigasi yang dilakukan, kata Fahri Hamzah, dapat memberikan konfimasi kepada masyarakat, bahwa kasus tercecernya ribuan e-KTP itu aman.

"Nanti kalau sudah dikatakan aman, nyatanya ada kejadian lagi. Nah, ini orang harus dihukum. Sekarang pun sudah harus dihukum mestinya, dengan keteledorannya itu," jelas Anggota DPR asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Fahri khawatir, ribuan keping KTP tersebut disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Ia mencontohkan, jika dikaitkan oleh dinamika Pilkada, KTP-KTP tersebut bisa menjadi bahan kecurangan dalam pemilu dan juga bisa menjadi alat untuk melakukan praktik-praktik korupsi.

"Lebih ekstrimnya lagi, KTP-KTP itu bisa dijadikan oleh terorisme untuk membuat akun-akun palsu dan juga untuk dipakai dalam  berkomunkasi ilegal," tukasnya.
 

Editor: Kurniati


komentar (0)