logo rilis

Durian Unggul Lokal Semengguk Sakti Diluncurkan Bupati OKU dan Kementan
Kontributor
Elvi R
08 Januari 2019, 14:15 WIB
Durian Unggul Lokal Semengguk Sakti Diluncurkan Bupati OKU dan Kementan
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Bertempat di Taman Teknologi Pertanian (TTP) Semidang Aji, Kabupaten OKU dilakukan peluncuran durian unggul lokal Seemengguk Sakti, pada senin (07/01/2019) yang menjadi kebaggaan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) karena cita rasa nya yang khas.

Dinas Pertanian Kabupaten OKU bersama BPTP Balitbangtan Sumsel, Kementan  sejak awal 2018 bersinergi  demi menjaga kelestarian plasma nutfah lokal Kabupaten OKU.  Kedua instansi ini melakukan perbanyakan melalui sistem sambung puncuk untuk mengembangkan tanaman di kalangan petani setempat. Saat ini 750 batang bibit durian hasil sambung pucuk sudah dibagikan kepada Petani Penerima dan Pihak UNSRI. Melalui kegiatan ini diharapkan Durian akan menyebar  dan ditanam di 13 kecamatan Kabupaten OKU.

Menurut informasi dari Dinas Pertanian OKU, Durian Semengguk sakti pernah ikut kontes buah nasional pada 2010 dan memperoleh Juara 2. 

Pada acara tersebut dilakukan penyerahan sertifikat pendaftaran varietas durian unggul lokal “Semengguk sakti” oleh Kementerian Pertanian RI ke Pemerintah Kabupaten OKU, dalam hal ini langsung diserahkan kepada Bupati OKU, Drs. H. Kuryana Azis.

Di lokasi yang sama, juga turut dilaksanakan serah terima TTP Semidang Aji dari Kementerian Pertanian dalam hal ini diwakili oleh Kepala BBP2TP, Dr. Haris Syahbuddin kepada Pemerintah Daerah Kabupaten OKU yang diwakili oleh Bupati OKU.  TTP Semidang Aji merupakan salah satu TTP yang dikelola Badan Litbang Pertanian melalui BPTP Balitbangtan Sumsel sejak 2016.  Setelah tiga tahun dikelola oleh BPTP Balitbangtan Sumsel.

Pada acara tersebut turut hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Joni Saihu, SP., MSi, Dandim 0403, Kapolres OKU, Anggota DPRD Kab. OKU,  Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel Ir. Amirudin Pohan, MSi, perwakilan BUMN, Perbankan, Ketua TP PKK, Ketua Persit, dan Ketua Darmawanita OKU. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU, dalam laporannya menyampaikan bahwa komplek pertanian Kabupaten OKU berada di lahan seluas 4,6 hektare, terdapat 3 instansi yakni UPTD Agribisnis Raksa Jiwa, BPP Raksa Jiwa Dan TTP Semidang Aji. Ketiga instansi ini memiliki tupoksi yang berbeda namun satu tujuan yaitu membangun sektor pertanian. Beberapa kegiatan di TTP Kabupaten OKU antara lain memperkenalkan varietas padi, teknologi tanam jarwo, menghasilkan benih varietas unggul, dan teknologi pengolahan kopi. 

Kepala BBP2TP menyampaikan TTP merupakan amanah nawacita ke 9 yang bertujuan sebagai penggerak ekonomi masyarakat yang ada di sekitar. BPTP Balitbangtan Sumsel sebagai salah satu unit pelaksana teknis dari Kementan di Provinsi akan mendampingi teknologi yang diperlukan,misalnya dalam pendampingan produksi kopi mulai dari budidaya kopi yang baik,  pemilihan varietas kopi,  memilih kopi dan prosesing kopi. Ucapan terimakasih juga disampaikan Kepala BBP2TP kepada pemerintah daerah dan harapan keberlanjutan kegiatan di TTP ini. 

Dalam sambutannya,Bupati OKU menyampaikan dukungan terhadap keberlanjutan TTP Semidang Aji. Beliau juga menyampaiakan harapan terhadap pelestarian Durian Semengguk Sakti dengan melakukan budidaya durian tersebut pada masing-masing kecamatan di Kabupaten OKU. 

Rangkaian acara ditutup dengan penanaman durian unggul lokal “Semengguk Sakti” oleh Bupati OKU bersama Kepala BBP2TP dan pejabat yang hadir.

Sumber: Evi/Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)