logo rilis
Dukung Arus Mudik, Lazismu Gelar Program Mudikmu Aman
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
09 Juni 2018, 03:27 WIB
Dukung Arus Mudik, Lazismu Gelar Program Mudikmu Aman
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), turut berpartisipasi dalam menyukseskan arus mudik Lebaran 2018. Salah satunya, dengan menyiapkan 41 titik posko mudik melalui program Mudikmu Aman di sejumlah rest area. 

"Ini bisa disinggahi para pemudik mulai dari Merak, Banten, sampai Jember, Jawa Timur," kata Ketua Badan Pengurus Lazismu, Hilman Latief di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (8/6/2018). 

Keberadaan posko mudik, ujar Hilman, lantaran adanya informasi dari Kementerian Perhubungan bahwa akan ada 8,5 juta pemudik menggunakan motor pada 2018 ini. Juga ditambah dengan 3,72 juta pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. 

Kepadatan volume kendaraan pada arus mudik 2018 ini, imbuh Hilman, perlu disikapi dengan ketersediaan tempat istirahat yang memadai. Karena, selepas melewati ruas tol di daerah Cirebon menuju Brebes terdapat titik-titik lelah pemudik selama perjalanan jauh. 

"Untuk antisipasi ini, Lazismu melalui program Mudikmu Aman berpartisipasi membuka titik-titik tempat istirahat dengan fasilitas layanan kesehatan, pijat, ambulans gratis, minuman panas dan dingin," ujarnya. 

Selain itu, ungkap Hilman, pihaknya juga menyediakan fasilitas bagi pemudik penyandang disabilitas, lansia dan anak-anak. Layanan khusus itu untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam memanfaatkn toilet portable, alat kebersihan, kasur dan obat-obatan. 

"Dalam pengalaman mudik 2017, Lazismu mendata anak-anak tak sekuat orang dewasa. Begitu pun dengan penyandang disabilitas. Terutama kursi roda masih kesulitan mengakses toilet di rest area dan masjid," ungkapnya. 

Tak hanya Mudikmu Aman, lanjut Hilman, Lazismu saat ini juga melakukan pendistribusian Kado Ramadan di 45 titik daerah dengan penerima manfaat sebanyak 85.605 jiwa. Lazismu melalui program itu, menyediakan paket sembako sebanyak 10.972. 

"Juga ada kado spesial 242, paket takjil 67.887, paket school kit 2.182, paket back to masjid 283 dan paket THR sebanyak 2.870," paparnya. 

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)