Home » Peristiwa » Dunia

Dubes AS Klarifikasi Pernyataan 'Sudah Konsultasi dengan Indonesia'

print this page Kamis, 7/12/2017 | 23:58

Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan saat memberikan klarifikasi ke media di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan, Banten, Kamis (7/12/2017) malam. FOTO: RILIS.ID/Syahrain F

RILIS.ID, Tangerang Selatan— Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan mengklarifikasi kekeliruan pernyataannya di situs resmi Kedubes AS mengenai sikap politik Indonesia terhadap kebijakan AS di Yerusalem.

Dalam situs tersebut, Donovan menyampaikan, pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota baru Israel telah 'dikonsultasikan' terlebih dahulu dengan Indonesia.

"Kami telah berkonsultasi dengan para teman, mitra, dan sekutu kami, termasuk Indonesia, sebelum Presiden Trump mengeluarkan keputusannya," kata Donovan sebagaimana tertulis dalam situs Kedubes AS untuk Indonesia.

Kekeliruan ini sempat diberitakan detik.com yang ikut mengutip pernyataan tersebut.

Di sela-sela konferensi internasional Bali Democracy Forum 2017, Donovan menyampaikan klarifikasinya di hadapan awak media.

"Saya di sini untuk mengklarifikasi kesalahpahaman pernyataan yang ditranslasikan ke dalam bahasa Indonesia di situs kami," ucap Donovan yang datang ke Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten, Kamis (7/12/2017) malam, untuk memenuhi panggilan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi khusus untuk menjelaskan hal ini.

Seusai klarifikasi Donovan, Menteri Retno menegaskan kembali sikap politik Indonesia soal Yerusalem. 

"Saya juga menyampaikan masalah rilis Kedubes AS yang tidak mencerminkan situasi sebenarnya. Saya kira sudah cukup jelas, status rilis versi bahasa Indonesia tersebut tidak benar," pungkas Menteri Retno.

Penulis Syahrain F
Editor Eroby JF

Tags:

YerusalemJoseph DonovanRetno MarsudiPalestinaIsrael