logo rilis
Dua Kali Dipencundangi PBB di Bawaslu, KPU Segera Bersikap
Kontributor

04 Maret 2018, 23:23 WIB
Dua Kali Dipencundangi PBB di Bawaslu, KPU Segera Bersikap
Anggota KPU Hasyim Asyari. FOTO: RILIS.ID/Armidis Fahmi

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan akan melakukan evaluasi terhadap putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang memenangkan Partai Bulan Bintang (PBB) dalam sidang ajudikasi.

Anggota KPU Hasyim Asyari memaparkan, putusan itu akan dibahas oleh rapat komisioner KPU. Dia memastikan, menjelang tiga hari dari waktu yang diberikan Bawaslu sudah ada sikap dari KPU.

"KPU akan mempelajari amar putusan dari Bawaslu dan akan dibahas dalam rapat pleno," kata Hasyim di Kantor Bawaslu Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (4/3/2018).

Dalam putusan itu, Bawaslu memerintahkan KPU untuk membatalkan Surat Keputusan Pleno Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang  Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019. KPU juga diperintah untuk mengeksekusi putusuan tersebut dalam waktu tiga hari setelah dibacakan.

Sebelumnya, KPU juga dikalahkan dalam sidang pendaftaran. Namun, Bawaslu meloloskannya. Dengan begitu, KPU sempat dua kali kalah berhadapan dengan PBB.

Terkait putusan itu, KPU masih enggan berkomentar banyak. Saat ditanyakan apakah ada catatan khusus dari KPU terkait administrasi, Hasyim menegaskan, hasil Bawaslu tersebut akan disikapi KPU dalam rapat pleno KPU.

Langkah untuk mengajukan banding dari putusan Bawaslu juga akan dibahas dalam pleno KPU. "Semua kemungkinan disiapkan dan diperbolehkan undang-undang makanya akan kita bahas apa yang akan diambil sikap oleh KPU terhadap putusan Bawaslu mudah-mudahan pleno besok sudah bisa kita sampaikan sikap terhadap putusan Bawaslu," tandas Hasyim.

Editor: Yayat R Cipasang


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)