logo rilis

DRPD Kalteng Nilai Kondisi Anjungan di TMII Memprihatinkan
Kontributor
Tio Pirnando
14 Januari 2018, 07:35 WIB
DRPD Kalteng Nilai Kondisi Anjungan di TMII Memprihatinkan
Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah di TMII. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Palangka Raya— Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah menyoroti kondisi anjungan Kalteng yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terkesan kurang terurus dan memprihatinkan. Bahkan beberapa bagian perlu segera dilakukan pembenahan.

Anggota Komisi C DPRD Kalteng Duwel Rawing meminta agar anjungan tersebut segera diperbaiki dan tidak dibiarkan rusak. Karena anjungan ini merupakan citra sekaligus ikon budaya Kalteng.

"Jadi, anjungan Kalteng yang ada di TMII itu benar-benar bermanfaat, sehingga harus terus dijaga dan dipelihara. Kalau ada yang rusak, ya harus segera diperbaiki. Jangan dibiarkan berlarut-larut dan baru diperbaiki apabila kondisinya sudah rusak parah," kata Duwel di di Palangka Raya, Kalteng, Minggu (14/1/2018).

Duwel mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan sejumlah anggota DPRD beberapa waktu lalu, atap anjungan Kalteng sudah kebocoran dan peralatan elektronik yang menampilkan karakteristik masing-masing Kabupaten/Kota tidak berfungsi dengan baik.

"Selain perlu dilakukan perbaikan, kami berharap agar sejumlah ruangan yang ada di anjungan Kalteng untuk daerah dapat segera terisi. Kalau memang memungkinkan, pemerintah Kabupaten/Kota dilibatkan untuk mengisinya," ujar Duwel.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi A DPRD Kalteng, Lantas P Sinaga. Legislator ini menyarankan agar anjungan Kalteng di TMII mendapat perhatian dan peningkatan sarana/prasarana.

Dia mengatakan apabila memungkinkan, anjungan Kalteng ditambah dengan ciri khas langka yang ada di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini. Misalnya, anggrek hitam yang dikenal hanya ada di Kalteng, ataupun jenis tumbuhan atau buah khas daerah setempat.

"Item semacam itu bisa ditambah dengan warung makan khas Dayak, kegiatan seni dan budaya, serta lainnya. Tapi, terpenting itu bagaimana mengelola anjungan, agar terlihat khas daerah, rapi, dan menarik pengunjung lainnya. Menegaskan anjungan Kalteng merupakan identitas sekaligus sarana promosi daerah," pungkasnya.

Sumber: ANTARA


#Anjungan Kalimantan Timur
#TMII
#DPRD Kalteng
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)