logo rilis
DPR Minta Presiden Segera Kirim Nama Pengganti Panglima Gatot
Kontributor
Tari Oktaviani
15 November 2017, 13:46 WIB
DPR Minta Presiden Segera Kirim Nama Pengganti Panglima Gatot
TB Hasanuddin. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI TB Hasanudin mengatakan, sampai saat ini Presiden Joko Widodo belum menyodorkan nama pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dia pun berharap agar secepatnya nama pilihan Presiden Jokowi dikirim ke DPR.

"Sampai hari ini belum. Kita berharap segera, karena masa sidang sekarang ini tidak lebih dari 1 bulan. Desember sudah reses lagi. Padahal itu (prosesnya) butuh waktu 2 minggu," katanya kepada rilis.id, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Dia menyebutkan, pergantian Panglima TNI memang menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi. Namun, bila ada keadaan kondisional, maka Presiden Jokowi bisa mempercepat pergantian.

"Boleh pada saat pensiun, atau jauh-jauh hari sebelum pensiun. Di UU itu memang tidak diatur," paparnya.

Keadaan kondisional itu dikatakannya terkait persiapan pilkada serentak pada 2018. Menurutnya, Panglima TNI yang baru harus sudah mengetahui medan setiap daerah dari jauh-jauh hari guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Memang ada banyak pertimbangan. Memang harus ada sinergi dalam hadapi pilkada serentak walaupun TNI kan tidak terjun langsung dalam artian meng-handle tapi diperbantukan di Kepolisian jadi menurut saya as soon as posible supaya ada persiapan," tegasnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan pensiun pada Maret 2018. 


#Gatot Nurmantyo
#Panglima TNI
#Pengganti Gatot Nurmantyo
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)