logo rilis
DPR Minta Pemerintah Serius Revisi UU Narkotika
Kontributor
Afid Baroroh
20 Maret 2018, 19:12 WIB
DPR Minta Pemerintah Serius Revisi UU Narkotika
Ekstasi, Narkoba, Narkotika, Sabu. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, meminta pemerintah agar serius menangani masalah narkoba. Karenanya, DPR berulang kali meminta agar pemerintah segera mengirim hasil revisi Undang-Undang Narkotika.

"Kita mengatakan bahwa kami sangat serius mencermati permasalahan narkoba. Makanya kita berulang kali memgingatkan pemerintah untuk segera mengirim revisi UU Narkoba atau Narkotika," kata Arteria dalam acara Forum Merdeka 9, di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (20/3/2018). 

Ia mengingatkan, penyalahgunaan narkoba jelas telah memakan banyak korban, terlebih generasi bangsa. Menurutnya, yang masih menjadi perdebatan dalam UU Narkotika yang lama, masih belum ada batas tegas yang jelas.

"Tentunya harus kita bedakan antara korban, pemakai, dan bandar. Saat ini di UU yang lama masih belum tegas," terangnya.  

Dengan demikian, DPR akan melakukan pemebebanan penghukuman bagi bandar dan pengedar. Untuk pemakai atau korban, ungkap dia, akan dilakukan tindakan kemanusiaan. Misalnya, dengan rehabilitasi sebagai upaya pemulihan. 

Selain itu, Politisi PDIP ini mengatakan, pemerintah bersama DPR juga akan melakukan penambahan regulasi terhadap zat-zat yang terkategori dalam ancaman hukuman. Harapannya, dapat mereformula dalam penanganan zat-zat baru pada narkotika.  

"Mudah-mudahan itu akan mereformula yang namanya kecepatan zat-zat baru tersebut dengan kamampuan instrumen hukum untuk menindaknya," tukasnya. 

Editor: Taufiqurrohman


500
komentar (0)