logo rilis

DPR Minta Pemerintah Bangun Infrastruktur Migas
Kontributor
Nailin In Saroh
24 Maret 2018, 17:30 WIB
DPR Minta Pemerintah Bangun Infrastruktur Migas

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih mengungkapkan, program BBM Satu Harga yang digagas oleh Pertamina dan Pemerintah belum sepenuhnya dinikmati oleh masyarakat. Sebab, kata dia, masih banyak masyarakat di daerah pelosok yang tidak menikmati hasil dari program tersebut.

“Di SPBU sih enggak pernah beda harga, semua satu harga. Tapi saat sampai di tingkat konsumen itu yang tidak satu harga. Coba cek di daerah-daerah pelosok BBM, belum satu harga,” ujar Eni di Jakarta, Sabtu (24/3/2018).

Karena itu, menurutnya, diperlukan pembangunan infrastruktur di sektor migas untuk mewujudkan program BBM Satu Harga secara nyata.

“Supaya masyarakat punya akses langsung. Selama tidak bangun infrastruktur “nonsense” untuk BBM Satu Harga,” papar Eni.

Politisi Golkar ini mengatakan, banyak cara dan skema yang bisa dilakukan oleh Pertamina beserta Pemerintah untuk membangun infrastruktur di sektor migas, salah satunya melalui skema Build Operate Transfer (BOT).

BOT sendiri adalah pemanfaatan barang milik daerah berupa tanah oleh pihak lain dengan cara mendirikan bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya. Kemudian didayagunakan oleh pihak lain tersebut dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati.

Dan kemudian diserahkan kembali tanah beserta bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya setelah berakhirnya jangka waktu tersebut. Sistem BOT sendiri sudah tercantum dalam Permendagri 19/2016 dengan nama BGS.

“Kan bisa kerja dengan swasta, kalau Pertamina tidak mampu bangun berikan kepada swasta dengan menggunakan sistem BOT. Ini kan cuma masalah skema padahal banyak cara,” tandas Eni.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)