logo rilis
DPR Minta Kemenhub Jamin Keselamatan Pasca Tarif Pesawat Diturunkan
Kontributor
Nailin In Saroh
19 Mei 2019, 16:15 WIB
DPR Minta Kemenhub Jamin Keselamatan Pasca Tarif Pesawat Diturunkan
Ilustrasi Pesawat Terbang

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Perhubungan telah memerintahkan maskapai penerbangan untuk menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat sebesar 12-16 persen. Pasalnya, tarif pesawat yang mahal sangat membebani penumpang terlebih jelang musim mudik Hari Raya Idul Fitri.

Anggota Komisi VI DPR RI Idris Laena menilai penurunan tarif tiket pesawat harus tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan penumpang. Jangan, kata dia, tarif diturunkan namun jaminan keselamatan diabaikan.

"Cari jalan terbaik. Selama masih seperti ini, kita masih akan terus marah kalau kita tidak bisa mencari jalan keluar dari permasalahan ini. Jangan hanya Garuda Indonesia saja, kalau mau menurunkan harga tiket, tetap dipikirkan keamanannya. Bisa nggak tetap aman, karena ini yang paling penting," ujar Idris di Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Kendati demikian, Menurut politisi Partai Golkar ini, tarif batas atas (TBA) yang ditetapkan sudah sejalan dengan keselamatan penumpang.

"Sudah benar ini tarif batas atas, kalau diturunkan menjadi sangat murah, ini sangat bahaya karena mengenai keselamatan penumpang," katanya.

Idris mengakui, kenaikan tarif berdampak pada penurunan penumpang khususnya wisatawan lokal. Namun, tiket murah pun harus dipastikan pula keamanannya. 

"Memang harus diakui, sekarang sepi. Makanya kalau memang ingin murah bisa naik LCC (Low Cost Carrier). Hanya saja kan masyarakat tidak bisa seperti itu, untuk itu harus segera disesuaikan," pungkasnya.

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID