Home » Peristiwa » Nasional

DPR Kirim Surat Penundaan, KPK Tetap Lanjut Periksa Setnov

Kamis, 14/9/2017 | 12:44

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui menerima surat dari DPR RI. Surat yang ditandatangi oleh Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menyampaikan bahwa sebelumnya Dewan mendapat surat pengaduan atas nama Setya Novanto sebagai masyarakat. 

Dalam surat tersebut, Setnov menyampaikan permohonan kepada DPR untuk menyampaikan penundaan pemeriksaan. Serta pemberitahuan tentang langkah praperadilan yang ditempuhnya kepada KPK. 

Atas tanggapan surat tersebut, menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, KPK akan tetap mengagendakan pemeriksaan terhadap saksi dan surat panggilan berikutnya untuk tersangka Setya Novanto. 

"Kita tetap mengagendakan pemeriksaan terhadap saksi. Kita sudah sampaikan surat pada tersangka untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," di kantornya, Rabu (13/9/2017).

Febri berharap dalam pemanggilan berikutnya yang bersangkutan dapat menghadiri pemanggilan. 

"Tentu kita berharap yang bersangkutan sudah sehat dan penuhi panggilan yang sudah kita layangkan," paparnya. 

Febri mengatakan, surat tersebut sudah diterima. Namun, Pimpinan KPK perlu mempelajari terlebih secara internal beriringan dengan proses penyidikan yang berjalan. 

"Proses penyidikan masih berjalan, untuk suratnya masih kita pelajari karena baru kita terima hari ini. Yang pasti KPK bertindak sesuai hukum acara yang berlaku," tandasnya. 

Terkait informasi soal surat penundaan sebelumnya, Febri mengaku kurang begitu mengetahui ada informasi tersebut. Tapi yang pasti, tegasnya, proses hukum itu praperadilan akan dihadapi karena itu hak dari tersangka.

"Namun proses penyidikan dapat berjalan sebagaimana diatur dalam kitab undang undang hukum acara pidana," tandasnya. 

Penulis Henrikus Setya
Editor Yayat R Cipasang

Tags:

kpksetya novantoktp elektronik

loading...