Home » Peristiwa » Dunia

DPR dan Pemerintah Tolak Keras Pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem

print this page Rabu, 6/12/2017 | 17:43

Anggota Komisi I DPR RI M Arwani Thomafi. FOTO: Facebook pribadi

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi I DPR RI M Arwani Thomafi mengkritisi rencana pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dari ibu kota Israel Tel Aviv, ke Yerusalem.

Dalam pernyataan tertulis yang diterima rilis.id, Arwani menyatakan, kebijakan AS di Yerusalem tersebut bertentangan dengan prinsip universal yang juga tertuang dalam konstitusi RI.

"Sama saja melegalkan penjajahan Israel terhadap Palestina. Konstitusi RI secara tegas menentang setiap bentuk penjajahan di muka bumi," ujar Gus Aang, sapaan karibnya.

Ketua Fraksi PPP MPR RI ini juga berpendapat, sikap Indonesia terhadap konflik Palestina-Israel sudah tepat, yakni mendukung Palestina merdeka dari penjajahan Israel.

DPR, tegasnya, dalam hal ini mendukung sepenuhnya sikap politik pemerintah Indonesia yang akhir-akhir ini cukup aktif dalam pembahasan isu konflik Palestina-Israel baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Mengapresiasi peran Indonesia dalam OKI dan mendorong lebih kuat lagi upaya pemerintah melalui Menlu atas ikhtiar penyampaian sikap politik Indonesia dalam merespons rencana penetapan Yerusalem sebagai ibukota Israel," ucapnya.

Menlu RI Retno Marsudi, beberapa hari lalu telah menemui Dubes AS untuk Indonesia membahas dinamika terkini di Yerusalem. Dalam kesempatan itu Retno menyampaikan kekhawatirannya atas rencana Presiden AS Donald Trump yang juga akan mengakui wilayah sengketa Yerusalem sebagai ibu kota baru Israel.

"Pemerintah Indonesia sangat memperhatikan isu ini. Kami sampaikan (kepada Dubes AS) bahwa perubahan apapun di Yerusalem akan merusak perdamaian di sana," tutur Retno.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, baik pemerintah maupun DPR cukup aktif menyikapi berbagai bentuk pelanggaran Israel terhadap bangsa Palestina. Seperti diketahui, isu kemerdekaan Palestina merupakan permasalahan yang cukup menjadi perhatian rakyat Indonesia. Artinya, rakyat Indonesia mendukung berbagai upaya pemerintah dalam mengupayakan keadilan bagi bangsa Palestina. 

Penulis Syahrain F
Editor Eroby JF

Tags:

DPR RIKedubes ASPemerintah IndonesiaKonflik Palestina-Israel