Home » Bisnis

DPR: Dahulu Indosat Dibeli Asing Juga

print this page Selasa, 14/11/2017 | 07:43

Ketua Komisi XI DPR, Melchias Markus Mekeng. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng menganggap pembelian aset oleh pihak asing merupakan hal yang biasa.

Hal itu disampaikannya menanggapi saham Gojek yang telah dibeli oleh beberapa perusahan seperti perusahaan modal Ventura Sequoia Capital, raksasa teknologi Tancent dari China.

"Kalau negara kita yang disuruh beli, dari mana duitnya, enggak mungkinkan dari APBN," kata Mekeng di Jakarta, Senin (13/11/2017).

Politisi Golkar itu menilai, masyarakat harus melihat secara jernih keuntungan dan kerugian terkait dibelinya aset itu oleh asing ditengah keuangan negara lagi bermasalah.

"Jangankan Gojek, dulu Indosat dibeli sama asing juga kan. Yang jelas negara pasti melihat juga keuntungan untuk ke depannya seperti apa," paparnya.

Peran pemerintah dalam dunia bisnis, menurut Mekeng lebih pada aturan main supaya berbisnis bisa nyaman dan mempunyai hak yang layak.

"Pemerintah kan lebih pada pembuatan aturan main supaya yang berbisnis atau berlaku seperti itu bisa nyaman," paparnya.

Soal penjualan aset perusahaan seperti itu, bagi Mekeng  adalah masalah peluang bisnis. Apalagi perusahaan swasta, penjualan asetnya lebih kepada pemegang perusahaannya.

"Dunia kan sekarang lebih terbuka, siapa saja bisa berbisnis selama mereka mengikuti aturan main Jangan dikit-dikit balik semua ke pemerintah," tuntasnya. 

Penulis Tio Pirnando
Editor Syahrul Munir

Tags:

GojekIndosatPembelian AsetAset Gojek

loading...