logo rilis

Dorongan Jokowi soal Pemda Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas Dinilai Tepat
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
18 Oktober 2018, 12:59 WIB
Dorongan Jokowi soal Pemda Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas Dinilai Tepat
Presiden Jokowi. FOTO: Istmewa

RILIS.ID, Jakarta— Pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta kepada pemerintah daerah untuk membangun fasilitas sarana publik ramah disabilitas diapresiasi banyak pihak. 

Menurut pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, dorongan Jokowi ke pemerintah daerah di provinsi, kota, dan kabupaten agar membangun fasilitas publik yang ramah terhadap disabilitas itu sudah tepat. 

"Pak Jokowi sangat concern dengan ini (disabilitas). Kita memang menekankan kebijakan publik yang berkeadilan, humanis dan egaliter," kata Trubus kepada wartawan, Kamis (18/10/2018). 

Selama ini, ujar Trubus, kaum disabilitas kurang mendapatkan perhatian dan merasa terpinggirkan. 

"Pertama dalam hal fasilitas seperti tortoar kan masih banyak yang tidak ramah untuk disabilitas. Apalagi seperti terminal di daerah. Memang ada beberapa seperti di Jakarta, Purwokerto. Di Jogja juga ada tapi kurang baik dan malah enggak terpakai," ujarnya. 

Saat ini, ungkap Trubus, pemerintah mulai membuka mata terhadap kaum disabilitas. Apalagi, kaum disabilitas itu ternyata memberikan prestasi di Asian Para Games 2018 dan mampu mengharumkan nama bangsa. 

"Asian Para Games 2018 ini bisa menjadi titik balik untuk penataan berbagai kebutuhan kaum disabilitas karena selama ini mereka termarjinalkan," sebutnya.

Tak hanya fasilitas publik, lanjut Trubus, Jokowi juga memberi perhatian terhadap masa depan karir dari kaum disabilitas. Salah satunya, dengan memberi ruang yang cukup luas kepada mereka untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui formasi khusus di rekrutmen CPNS tahun ini.

"Dulu ada cuma formasinya kecil. Tetapi memang Pak Jokowi sangat komitmen untuk memberi perhatian kepada kaum disabilitas. Termasuk masa depan mereka," ungkapnya. 

Dia berharap, komitmen Jokowi untuk memberikan perhatian terhadap kaum disabilitas itu ditegaskan dalam bentuk Peraturan Pemerintah. Dengan begitu, menurutnya, ada payung hukum untuk mewujudkan keinginan Jokowi tersebut. 

"Jadi, melalui PP itu kaum disabilitas diberikan segala kebutuhan yang setara dengan yang lainnya. Termasuk fasilitas sarana publik dan juga masa depan mereka agar produktif," jelas dia. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mendorong agar semua sarana publik di provinsi, kota, maupun kabupaten ramah terhadap disabilitas. Hal itu disampaikannya saat memantau langsung Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, yang sedang dilengkapi dengan fasilitas umum bagi penyandang disabilitas.

"Gelora Bung Karno Senayan kini sedang dilengkapi dengan fasilitas umum bagi penyandang disabilitas. Toilet, musala, sampai jalur ke bangku penonton harus mudah mereka akses. Saya ingin mendorong agar semua sarana publik di provinsi, kota, kabupaten ramah terhadap disabilitas," tulis di akun twitter-nya @jokowi.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)